Berita

Diskominfo Hadirkan SIGELATIK

  •   Leliyana Andriyani
  •   11 April 2021
  •   9:28am
  •   Berita
  •   412 kali dilihat

SAMARIND --- SIGELATIK (Sistem Informasi Gangguan Layanan TIK) merupakan sistem informasi untuk melayangkan keluhan gangguan TIK diskominfo dimanapun berada sehingga mempermudah dalam menyampaian keluhan gangguan kepada pengelola TIK Diskominfo.

Disampikan Kepala Seksi Infrastruktur TI Eva Yuseva bahwa sebelumnya keluhan atau gangguan yang dilayangkan secara langsung melalui contact tanpa sistem yang terdata sehingga menyulitkan pada saat melakukan evaluasi, menganalisis dan mengaudit layanan gangguan.

"Maka penting bagi bidang TIK Diskominfo Prov. Kaltim memiliki layanan yang dapat membantu mempercepat penanganan gangguan baik skala ringan, sedang maupun berat,"jelas Eva, Sabtu (10/4).

Hal ini menjadi hal penting dikarenakan tingginya perangkat daerah yang memerlukan prioritas layanan khususnya jaringan intranet. Sistem informasi sudah berisikan informasi permasalahan yang sering dijumpai pada saat penanganan gangguan TIK. Kemudahan didalam menggunakan layanan ini dengan informasi yang telah ada sehingga pengguna layanan dapat langsung mengajukan keluhan saja.

Eva menjelaskan bahwa sekarang aplikasi ini sudah dikembangkan dalam bentuk aplikasi mobile sehingga dapat digunakan dimanapun berada. Penerapan sistem informasi ini diharapkan nantinya dapat mengakselerasi penanganan dan mengestimasi penyelesaian gangguan yang kerap terjadi, tentunya peran dari operator Jaringan/pejabat pengelola TIK sangat penting guna tercapainya layanan jaringan yang baik. Dan ini dapat memangkas dan mengefisiensikan admin jaringan dalam menganalisis dan menyelesaikan gangguan layanan TIK.

Harapan dengan terwujudnya sistem ini stakeholder Kabupaten/Kota khususnya Diskominfo kabupaten/kota yang menangani layanan Infrastruktur TIK dapat menerapkan layanan ini dikarenakan pemerintah daerah belum ada yang menerapkannya.