Berita

Disdik Provinsi Kaltim Gelar Pemilihan Putra Putri Duta Tari Kaltim 2022  

  •   Hendra Saputra
  •   22 Mei 2022
  •   11:54am
  •   Berita
  •   96 kali dilihat
  •  

Balikpapan - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur menggelar Grand Final Pemilihan Putra - Putri  Duta Tari Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Sabtu (21/5) malam.

Finalis Putra-Putri Duta Tari Kalimantan Timur diikuti 19 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Kaltim.

Adapun, finalis-finalis tersebut diantaranya, 2 (dua) peserta masing-masing berasal dari wilayah diantaranya, Kota Samarinda, Kabupaten Paser, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten  dari Penajam Paser Utara (PPU), Kabupaten dari Mahakam Ulu. Sedangkan 4 (empat) orang peserta masing-masing dari Kota Balikpapan dan Kabupatem Berau, kemudian 1 (satu) orang  dari Kabupaten Kutai Timur.

Dalam Pemilihan Duta Tari Kaltim 2022 terpilih sebagai pemenang untuk mewakili Kaltim ketingkat Nasional yaitu Juara 1 Putra atas nama Ary Febrian Masis dari Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Juara 1 Putri atas nama Dheya’an Aulia Putri dari Kota Balikpapan.

Kegiatan pemilihan Putra Putri Duta Tari Kaltim dihadiri Kadisdikbud Kaltim, Anwar Sanusi, pejabat Struktural eselon III dan IV provinsi Kaltim, sementara Walikota Balikpapan diwakili Kadisdikbud kota Balikpapan, Purnomo, serta para pendamping kabupaten /kota dan undangan.

Ketua Panitia pelaksana kegiatan Pemilihan Putra Putri Duta Tari Kaltim, Yekti Utami mengatakan pemilihan ini upaya dalam pengembangan yang berakar pada nilai nilai luhur budaya dan perlu untuk diupayakan guna memperkuat jati diri dan karakter bangsa dalam pengembangan dunia global.

Lanjutnya, tujuannya untuk menunjukan kepada generasi muda tentang kesenian atau budaya untuk menjadi aset daerah.

” Event ini bukan hanya untuk fashion saja, tapi peserta juga punya public speaking yang mumpuni, kedua penampilan dan ketiga adalah mereka harus benar benar punya isi tari dari daerah masing masing,” tegas Yekti.

Karena itu, lanjut Yekti, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Bidang Kebudayaan sebagai fasilitator kegiatan Putra Putri Duta Tari Kalimantan Timur  Tahun 2022 melakukan sistem terbuka satu pintu.

“Artinya peserta yang mengikuti kegiatan ini hanya bisa diusulkan oleh dinas terkait yang membidangi kebudayaan, tentunya dengan melalui beberapa tahapan seleksi,” ungkapnya. (hend/pt)