Berita

Disbun Kaltim Tonjolkan Kelapa Pada Kaltim Expo 2021

  •   Ade Putri
  •   25 September 2021
  •   2:53pm
  •   Berita
  •   420 kali dilihat

Samarinda - Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim ikut berpartisipasi pada Pameran Kaltim Expo 2021, yang digelar di Atrium Big Mall pada 22-26 September 2021.

Kepala Disbun Kaltim, Ujang Rachmad berharap dengan berpartisipasinya Disbun pada pameran ini dapat membantu komoditas perkebunan untuk  mengenalkan dan memasarkan kepada masyarakat tentang hasil pembangunan di sektor perkebunan dan produk-produk hasil olahan perkebunan yang ada di Kaltim.

Ujang menyebutkan pada stand Disbun kali ini menyungguhkan 7 (tujuh) komoditas potensial perkebunan yang ada di Kaltim.

“ Adapun 7 (tujuh) Komoditas berpotensi di Kaltim yang kita tampilkan di pameran diantaranya Kelapa Sawit, Kakao, Aren, Lada, Karet dan Kopi, dengan 27 produk dari brand berbeda,” sebutnya saat ditemui disela-sela pameran.

Sementara itu, Marinda Asih Ramadhaniah selaku Kepala Seksi Promosi Pemasaran menambahkan untuk tema arsitektur yang diambil tahun ini Disbun mengangkat kelapa sebagai objek yang lebih ditonjolkan.

“Jika Pameran Kaltim Fair sebelumnya yang dilaksanakan beberapa bulan lalu kami mengangkat Kakao sekarang kami mengangkat Kelapa. Jadi dari bibit kelapa, buah kelapa, produk olahan kelapa bahkan pohon kelapanya kami coba tampilkan di dalam stand,” bebernya.

Disbun juga menyediakan beberapa suguhan gratis es kopyor untuk masyarakat yang mengunjungi stand mereka, tetapi jangan khawatir jika kehabisan yang gratis mereka juga menjual es kopyorku dari salah satu UMKM binaan Disbun.

“Dan jika membeli kopyorku secara tidak langsung memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) ke Pemprov, karena bahan baku mereka kopyor dan gula aren menggunakan hasil olahan Dinas jadi masuk PAD setiap  pembelian bahan baku kopyorku,” ucapnya. (Ade/pt)