Berita

Dinas Peternakan Gelar FGD Implementasi SISKA

  •   Sefty Wulandari
  •   24 Oktober 2023
  •   8:58pm
  •   Berita
  •   303 kali dilihat

Dinas Peternakan Gelar FGD Implementasi SISKA

Samarinda - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur menggelar
Focus Group Discussion (FGD) Implementasi Sistem Integrasi Sapi Kelapa Sawit (SISKA) Kalimantan Timur di Aula Brahman Cross Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim. Selasa (24/10).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kaltim, Fahmi Himawan didampingi oleh Ketua Umum Gabungan Pelaku dan Pemerhati Sistem Integrasi Sapi Kelapa Sawit (GAPENSISKA), Joko Iriantono.

Peserta FGD merupakan kolaborasi gabungan dari pelaku peternakan dan pelaku perkebunan, akademisi, serta OPD Kab./Kota dan Provinsi terkait.

Fahmi berharap FGD dapat memperkuat kesinambungan antar kegiatan perkebunan dan peternakan, sehingga terciptanya keuntungan antar pihak yang terlibat.

Sesi FGD dipimpin oleh moderator H. Ibrahim, selaku akademisi dari Universitas Mulawarman. Adapun materi yang dibahas dalam FGD ini diantaranya materi terkait Roadmap Implementasi SISKA Kaltim dipaparkan oleh Taufan Purwokusumaning Daru materi Implementasi SISKA Kemitraan dan SCRD Kaltim dipaparkan oleh Bapak Windu Negara, PhD, dan materi Juklak Implementasi SISKA Kaltim dipaparkan oleh Bapak Ihyan Nizam.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan MoU Komitmen Mendukung Implementasi SISKA Kaltim yang melibatkan DPKH Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, GAPENSISKA, Universitas Mulawarman, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO), dan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA)

Untuk selanjutnya akan dilakukan kunjungan lapangan ke Kabupaten Paser dan Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai bentuk realisasi FGD Implementasi SISKA di Kalimantan Timur. (seft/pt)