Berita

Dinas Kominfo Prov. Kaltim Gelar FGD Metadata Statistik Sektoral

  •   Bagus Setiawan
  •   22 Februari 2022
  •   12:16pm
  •   Berita
  •   388 kali dilihat

Samarinda - Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Statistik mengadakan Fokus Group Discussion (FGD) guna membangun Metadata Statistik Sektoral, bertempat di Hotel Aston lantai 12. Acara berlangsung secara Offline dan Online dari tanggal 22 s/d 24 Februari dan buka oleh Kepala Dinas Kominfo Prov.Kaltim yang di wakili oleh Sekretaris Edi Hermawanto Noor, Selasa (22/2)

Dalam sambutannya Edi mengatakan Dinas Kominfo Prov.Kaltim sebagai Walidata adalah  unit pada instansi dan perangkat daerah yang membidangi urusan statistik yang melaksanakan pengumpulan, pemeriksaan dan pengelolaan data.

"Wali data tingkat daerah  memiliki tugas memeriksa kesesuaian data dari produsen dengan standar menyebarluaskan data dan metadata diportal satu data Indonesia" ujar Edi.

Dari laporan Kepala Bidang Statistik Adrie Dirga Sagita mengatakan kegiatan ini bertujuan agar terciptanya sumber daya manusia metadata di masing-masing instansi maupun prangkat daerah di kaltim.

"Untuk menghasilkan data sektoral sebagai keperluan pembangunan daerah dibutuhkan data yang berkualitas maka dari itu diperlukan metode yang tepat, agar menghasilkan kecepatan dan ketepatan pengelolaan data, kata Dirga.

Dalam kegiatan FGD tersebut Diskomimfo Kaltim menggandeng Badan Pusat Statistik wilayah Kaltim sebagai mitra kerja dan narasumber dan diikuti  Instansi Vertikal dan Perangkat Daerah Prov.Kaltim. (Bgs/ty)