Berita

Dewan Juri Lakukan Penilaian 154 Produk

  •   Teguh Prasetyo
  •   7 September 2021
  •   5:28pm
  •   Berita
  •   353 kali dilihat

Samarinda - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim Award tahun 2021 memasuki tahap penjurian, 154 jenis produk kerajinan dari 9 (Sembilan) Kabupaten/Kota Se Kaltim dinilai oleh Tim Dewan Juri yang diketuai oleh Hamdani Swara dan didampingi oleh Ketua Dekranasda Provinsi Kaltim, Hj. Norbaiti Isran Noor Di Sekretariat Dekranasda Kaltim Jalan H.M Rifaddin, Selasa (7/9/2021). 

 

"Dekranasda Kaltim Award kali ini adalah gelaran kedua yang sebelumnya pada tahun 2020 telah sukses kita laksanakan, pada tahun 2021 ini kita telah melakukan penjurian dan telah menemukan pemenangnya," tegas Ketua Dekranasda Kaltim, Norbaiti. 

Ada 3 (tiga) Kategori yang dinilai, diantaranya pertama, Kerajinan berbahan serat (rotan, bambu, pandan, serat Doyo, dll). Kedua, Kerajinan berbahan kayu. Terakhir yang ketiga, Batik motif Kaltim. Adapun yang dinilai pada gelaran kali ini adalah Inovatif, Keunggulan, Ramah lingkungan, keaslian, daya jual dan tanggung jawab sosial. 

 

Norbaiti mengaku sangat bangga pada gelaran kali ini dimana semua produk dinilai telah mampu bersaing ditingkat nasional. 

 

"Ada yang menjadi pemenang ada pula yang masuk nominasi untuk dilakukan pembinaan oleh Tim Dekranasda Kaltim, kedepan kita akan menganggarkan biaya pembinaan untuk produk yang dianggap berpeluang mencuri hati para konsumen," imbuhnya. 

 

Norbaiti melihat ada peluang lain yang dapat dimanfaatkan didunia pendidikan, ada permainan edukasi yang sangat bagus, nanti Dekranasda akan bekerjasama dengan perusahaan untuk memesan produk edukasi ini dan kemudian akan diserahkan ke PAUD atau TK yang ada di Kaltim. 

 

"Semoga dengan diselenggarakannya Dekranasda Kaltim Award 2021 ini kita bisa membantu pembuatan dan pembinaan serta pemasaran produk sehingga dapat menambah pendapatan bagi pengrajin yang ada di Kaltim," tutupnya. (tp/pt)