Berita

Desa Himba Lestari Kutai Timur jadi Kampung Buah Nanas

  •   Ceppy
  •   20 Desember 2023
  •   10:41am
  •   Berita
  •   554 kali dilihat

Desa Himba Lestari Kutai Timur jadi Kampung Buah Nanas

 

Sangatta - “Kampung Buah Nanas” jadi gelar anyar untuk salah satu desa di Kutai Tinur (Kutim), yaitu Desa Himba Lestari. Hal ini selaras dengan program yang dijalankan Pemerintah Kabupaten Kutim yakni satu desa satu produk pertanian unggulan.

 

Selasa (19/12/2023) Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (DTPHP) Kutim, Dyah Ratnaningrum menerangkan, di Desa Himba Lestari terdapat 5 kelompok tani yang menanam Nanas.

 

"Mereka telah memiliki kurang lebih 120 hektare lahan yang ditanami buah Nanas," ungkapnya.

 

Pemkab lanjutnya, mulai tahun ini, baru saja menyerahkan bantuan alat untuk 5 kelompok tani di Desa Himba Lestari berupa alat angkut sebanyak 6 unit.

 

Hal itu dilakukan, sebab lokasi lahan tanaman nanas Desa Himba Lestari berada pada lereng pegunungan. Sehingga ada kesulitan dalam mengeluarkan hasil panen buah nanas dari kebun ke luar.

 

Untuk pemasarannya, diketahui Desa ini telah memasarkan produknya hingga keluar Kutim. Dengan peminat yang ternyata cukup banyak di luar daerah.

 

"Mereka memasarkan buah nanas tersebut keluar Kutai Timur, justru peminatnya banyak dari Berau, Kaltara hingga Tarakan," ungkap Dyah.

 

Satu Desa Satu Produk, atau One Village One Product bertujuan menjadikan desa mandiri dengan produk unggulan. Kegiatan ini diharapkan pula mampu meningkatkan gairah perekonomian masyarakat. (cpy/pt)