Berita

Dekranasda Kaltim Award Diharapkan Dapat Meningkatkan Kreatifitas Pengrajin

  •   Teguh Prasetyo
  •   25 September 2021
  •   1:29pm
  •   Berita
  •   331 kali dilihat

Samarinda - Pengumuman Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim Award tahun 2021 telah di publikasi di akun media sosial @dekranasdakaltim pada tanggal 21 September 2021 yang lalu.

 

Hari ini, Sabtu (25/9) pagi bertempat di Atrium Big Mall Samarinda, Ketua Dekranasda Kaltim, Isran Noor menyerahkan Piala dan Penghargaan kepada para pemenang dari 3 (tiga) Kategori. 

Sebanyak 154 produk kerajinan dari 9 (Sembilan) Kabupaten/Kota Se Kaltim dinilai oleh Tim Dewan Juri yang diketuai oleh Hamdani Swara. 

 

"Kami berterima kasih kepada Dekranasda Kabupaten Kota Se Kaltim, semoga kedepan semua pengerajin merasa diperhatikan dan diayomi oleh Dekranasda," ujar Ketua Dekranasda Kaltim Norbaiti Isran Noor. 

Saya berharap dengan ajang Dekranasda Kaltim Award ini akan lebih meningkatkan kreatifitas para pengrajin yang telah ada dan menumbuhkan para calon-calon pengrajin yang akan meregenerasi pengrajin yang berusia lanjut, tambahnya. 

 

"Saya sangat bangga sekali karena semua produk sudah mampu bersaing di tingkat nasional, saya melihat peluang lain yang dapat dimanfaatkan didunia pendidikan, karena ada permainan edukasi yang sangat bagus dan bermanfaat," ucapnya.

 

Adapun para juaranya adalah Kategori Motif Batik, Juara 1 Batik Tulis Motif Penyu Pandubara dari Mohammad Shodik (Dekranasda Kabupaten Berau), Juara 2 Motif Batik Si Seksi Dari Pasir Sunyi dari Batik Tenun Vi Ida R (Dekranasda Kota Balikpapan) dan Juara 3 Batik Tulis Motif Kaltim dari Risno Asam Samjoyo (Dekranasda Kabupaten Kutai Timur). 

Kategori Serat Alam Juara 1 Interiornya Dekor Miniatur Ulap Doyo dari Batik Tenun Vi Ida R (Dekranasda Kota Balikpapan), Juara 2 Tampak Meja Set Dining dari Batik Beras Basah Wiji Rahayu (Dekranasda Kota Bontang) dan Juara 3 Tas Fashion Wanita dari Martina Umah (Dekranasda Kabupaten Kutai Barat). 

Kategori Kayu Juara 1 Tempat Alquran dari Picaso Mandiri Borneo (Dekranasda Kota Balikpapan), Juara 2 Lampu Eksotis dari Batik 2D Pro (Dekranasda Kota Samarinda) dan Juara 3 Tas Ukuran Kayu dari Lusianus Depar (Dekranasda Kabupaten Kutai Barat). 

 

"Semoga dengan diselenggarakannya ajang Dekranasda Kaltim Award ini bisa membantu pembinaan serta pemasaran produk kerajinan, sehingga dapat menambah pendapatan bagi pengrajin yang ada di Kaltim," tutupnya dengan semangat. (tp/pt)