Berita

Coaching Clinic RB Tematik, Sekda Kaltim Paparkan Upaya Menekan Inflasi Daerah

  •   Rizky Kurniawan
  •   6 Desember 2023
  •   6:55am
  •   Berita
  •   345 kali dilihat

Nusa Dua - Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni berkesempatan menjadi narasumber dalam Coaching Clinic dengan tema "Penguatan RB Tematik Pengendalian Inflasi dan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri".

Dalam kegiatan ini, Sri Wahyuni menyampaikan paparan coaching clinic bagaimana upaya Pemerintah Provinsi Kaltim dalam menekan inflasi di daerah.

Dikatakannya, berbagai pengalaman tentang pengendalian inflasi, Terlebih Kaltim bukan penghasil komoditas kebutuhan pokok, dimana 40 persen bahan pangan didatangkan dari luar Kaltim.

"Walaupun demikian, Kaltim tetap menjamin ketersediaan pasokan kebutuhan pangan, keterjangkauan harga, distribusi pangan serta melakukan kerjasama dan komunikasi yang efektif dengan daerah penghasil," ungkap Sri Wahyuni saat menjadi narasumber coaching clinic di Room Uluwatu Bali Convention Center Nusa Dua, Bali, Selasa (5/12).

Lanjutnya, saat ini penyumbang inflasi di Kaltim adalah cabai dan beras, juga angkutan udara serta perhiasan (emas), daya beli dan perekonomian masyarakat semakin membaik, ditambah momentum pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Karena permintaan tinggi, tentu suplainya juga harus tersedia dengan baik. Kondisi itu menjadi tantangan kami saat ini di Kaltim," ucap mantan Kadis Pariwisata Kaltim ini.

Ia juga memaparkan upaya-upaya untuk penguatan ketahanan pangan dengan lima rencana aksi dalam pengendalian inflasi, yaitu perencanaan anggaran, peningkatan sumber daya manusia (SDM), teknologi informasi, inovasi dan pengawasan.

"Melalui SK Gubernur, kami sudah menetapkan peta jalan pengendalian inflasi daerah tahun 2022-2024. Strategi pengendalian inflasi melalui empat pilar, yaitu ketersediaan pasokan pangan, keterjangkuan harga, distribusi pangan dan komunikasi efektif," jelasnya.

Kegiatan Coaching Clinic Penguatan RB Tematik Pengendalian Inflasi ini menghadirkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan Norzain Akhmad Yani dan Inspektur II Inspektorat Kemendagri, Ucok Abdul Rauf Damenta.

Tampak hadir mendampingi Sekdaprov Kaltim, Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal, Kepala Biro Ekonomi Setdaprov Kaltim Iwan Darmawan serta Kepala Biro Organisasi Iwan Setiawan. (Rzk/ty)