Berita

BPSDM Kaltim Umumkan Hasil Pemenang Kompetisi Inovasi Pasca Pelatihan Kepemimpinan Pengawas dan Administrator

  •   Rizky Yusuf
  •   30 Agustus 2023
  •   4:56pm
  •   Berita
  •   478 kali dilihat

Samarinda - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Timur telah melaksanakan Rapat Evaluasi Tahap Akhir Kompetisi Inovasi Pasca Pelatihan Kepemimpinan Administrator dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas pada kegiatan Jambore Inovasi Kalimantan (JIK) dan Jambore Inovasi Nusantara (JOINUS) Tahun 2023.

Kepala Dinas Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim Dra. Nina Dewi mengatakan, tujuan penyelenggaraan Jambore Inovasi Kalimantan ini adalah untuk mempromosikan dan mendiseminasikan inovasi pelayanan publik terbaik yang dihasilkan oleh para alumni pelatihan kepemimpinan di 5 (lima) provinsi di wilayah Kalimantan.

"Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara,"ujar Kadis BPSDM pada acara pembukaan JIK dan JOINUS di Convention Hall, Rabu(30/8/2023).

Nina juga menuturkan, Inovasi pelayanan publik terbaik ini merupakan hasil dari kompetisi inovasi pasca Diklat Kepemimpinan (SINOPADIK) yang telah dilaksanakan dari awal Tahun 2023 sampai saat ini dan menghasilkan 30 orang Finalis.

"Tahun 2023 ini jumlah pendaftar kompetisi inovasi pasca Pelatihan Kepemimpinan dari seluruh provinsi di Kalimantan adalah sebanyak 102 pendaftar,"jelas Nina Dewi.

Selain itu dijelaskannya lagi, seluruh peserta telah melewati berbagai tahapan seleksi dan menghasilkan 30 Finalis Seleksi Inovasi Pasca Pelatihan, yang terdiri dari asal Peserta Jumlah masing masing enam peserta dari Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Utara.

Peserta jambore inovasi ini adalah para pejabat struktural dan fungsional yang mengelola pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berasal dari BPSDM Provinsi, BKD Provinsi, dan BKPSDM Kabupaten dan Kota di wilayah Kalimantan.

Kemudian dari Rapat Evaluasi menetapkan bahwa dari 15 orang peserta Kompetisi Inovasi Pasca Pelatihan Kepemimpinan Administrator dan 15 (lima belas) orang peserta Kompetisi Inovasi Pasca Pelatihan Kepemimpinan Pengawas, menetapkan 3 (tiga) orang peserta terbaik Kompetisi Inovasi Pasca Pelatihan Kepemimpinan Administrator dan 3 (tiga) orang peserta terbaik Kompetisi Inovasi Pasca Pelatihan Kenemimpinan Pengawas Tahun 2023.

Untuk Diketahui Pelaksanaan kegiatan Jambore Inovasi Kalimantan ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara; Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS; dan Peraturan LAN No. 5 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pelatihan Struktural Kepemimpinan. (rey/pt)

Berikut pemenang Kategori Kompetisi Inovasi Pasca Pelatihan Kepemimpinan Pengawas dan Administrator.

Kategori (Pelatihan Kepemimpinan Pengawas)

Peringkat I
Revi Citrawaty HS, ST. dari Pemerintah Kota Balikpapan dengan judul aksi perubahan "SIMPANANKU KOPI (Sistem Pelayanan Khusus Komprehensif).

Peringkat II
dr. Niken Dayu Anggraini dari Pemerintah Kota Balikpapan dengan judul aksi perubahan " GEMPITA MOBILE (Gerakan Melawan Penyakit Tidak Menular Mobile)

Peringkat III
Ahmad Riadi, S.Si, M.Si dari Pemerintah Kota Palangkaraya dengan judul aksi perubahan "Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kita Palangkaraya Melalui Laboratorium melayani (meningkatkan Layanan dan Terakreditasi)

Kategori (Pelatihan Kepemimpinan Administrator)

Juara I
Nama Idfi Septiani, S.STP.,M.Si dari Pemerintah Kota Samarinda
Judul aksi perubahan SI KERJA SAMARINDA (Sistem Kerjasama Daerah Kota Samarinda)


Juara II
Fatmawati, M.Pd dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dengan judul aksi perubahan "SIAPLAH KALBAR (Sistem Aplikasi Pendataan Sekolah Berbasis Web Based Untuk meningkatkan Kualitas Data Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat".

Juara III ;
Lumbis , S.Sos dari Pemerintah Kabupaten Nunukan dengan judul aksi perubahan "Gerakan pembangunan Pariwisata Riam (Gerbang Satria) Lumbis Pansingan