Berita

BKKBN Gelar Rakor Satgas Stunting di Tiga Regional

  •   prabawati
  •   16 Mei 2023
  •   12:48pm
  •   Berita
  •   492 kali dilihat

Samarinda - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar Rapat Koordinasi Regional Satgas Stunting Provinsi dan Kabupaten/Kota tahun 2023.

Pelaksanaan Rakor Satgas ini dilaksanakan luring dan daring di tiga Provinsi yang mewakili tiga regional dengan karakteristik wilayah Indonesia bagian barat, tengah dan timur.

Ex officio sekretariat percepatan penurunan stunting pusat  Doddy Asihnyoto mengatakan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting mengamanatkan BKKBN dan masyarakat untuk turut mensukseskan upaya percepatan penurunan.

Untuk mencapai target 14 persen pada tahun 2024 dan sebagai dukungan dalam percepatan penurunan stunting, BKKBN telah membentuk satuan tugas ditingkat Provinsi serta Kabupaten dan Kota sejak 2022.

Dimana pada tanggal 8 dan 10 Februari 2023 lalu telah dilakukan reorientasi Satgas pada Provinsi maupun Kabupaten dan Kota yang menghasilkan plan of action yang harus segera ditindak lanjuti dengan monitoring dan evaluasi dengan apa yang sudah dikerjakan.

Hal ini menjadi salah satu latar belakang diselenggarakannya Rakor Satgas untuk 3 regional Provinsi dengan tema penurunan stunting menuju target 14 persen tahun 2014.

Maka atas dasar tersebut maka dipilihlah tiga Provinsi sebagai tuan rumah pelaksanaan Rakor Satuan Tugas ini yaitu Sumatera Barat, Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Barat.

"Kehadiran peserta merupakan salah satu wujud komitmen kita bersama dalam mendukung percepatan penurunan stunting di Indonesia,"ungkap Doddy dalam laporannya, Selasa (16/5).

Selain itu, tujuan utama dari pertemuan ini teridentifikasinya masalah atau kesenjangan atau pencapain pada target yang telah ditetapkan dalam implementasi program dan kegiatan percepatan penurunan stunting baik di Kabupaten dan Kota.

Diharapkan setiap wilayah dapat turut mengawal secara intensif untuk pelaksanaan percepatan penurunan stunting dan menjalankan fungsi konsultasi, fasilitasi dan koordinasi percepatan penurunan stunting nasional dan daerah serta penguatan penyediaan satu data stunting.

Tampak Hadir Sekretaris Utama BKKBN Tavip Agus Rayanto, Kepala BKKBN Kaltim Sunarto, Satgas Provinsi maupun Kabupaten dan Kota serta Perangkat Daerah. (Prb/ty).