Berita

BKKBN Gelar Pelatihan Teknis PK21

  •   prabawati
  •   17 Februari 2021
  •   10:40am
  •   Berita
  •   613 kali dilihat

Samarinda----Sebagai rangkaian persiapan pendataan keluarga 2021 (PK21), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim menggelar pelatihan teknis PK21, secara virtual, Rabu (17/2)

Seperti yang diketahui, PK21 akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 1 April sampai dengan 31 Mei 2021 di seluruh wilayah Indonesia dan dilaksanakan oleh kader setempat yang telah terlatih dan dibantu Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB).

Disamping melakukan pendataan, juga dilakukan komunikasi, informasi, dan edukasi serta penyuluhan Program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana) kepada keluarga yang didata.

Edi menjelaskan pendataan ini adalah modal untuk bagaimana menyusun program dan pendataan ini bukan hanya milik BKKBN akan tetapi data tersebut akan diperuntukkan juga bagi pemerintah daerah setempat untuk data proses pelapukan unggulan baik di kabupaten kota maupun pemerintah provinsi.

Dirinya mengatakan terdapat tiga subtansi yang menjadi indikator yang digunakan dalam pendataan keluarga tahun 2021.

Pertama adalah memperoleh data kependudukan tentang jenis kelamin, kedua yaitu jumlah pasangan usia subur, baik yang tidak Ber-KB, termasuk juga alasan mereka tidak menggunakan KB dan ketiga data tentang keluarga.

Menurutnya, pendataan ini memberikan indikasi pemahaman mengenai gambaran tentang kualitas keluarga yang disebut dengan Indeks Pembangunan Keluarga (iBangga).

Diakuinya, pelaksanaan pendataan ini adalah sesuatu yang akan menjadi prestasi sekaligus menjadi prestise, apabila dalam melaksanakan pendataan ini tepat waktu maka itu akan menjadi prestasi.

"Tolong dilakukan pendataan ini secara bagus, maksimal, dikawal dengan baik, karena penentu pelaksanaan pendataan tergantung dari saudara-saudara," pintanya (Prb/ty)