Berita

Bina Puluhan Lembaga di Samarinda, Kantor Bahasa Provinsi Kaltim Gelar Sosialisasi Hasil Analisis Data

  •   Sefty Wulandari
  •   28 Juni 2022
  •   6:08am
  •   Berita
  •   320 kali dilihat

Samarinda – Program Pembinaan Lembaga dalam Pengutamaan Bahasa Negara oleh Kantor Bahasa Provinsi Kaltim terus berlanjut. Puluhan peserta binaan yang terdiri dari perwakilan Lembaga Pemerintah, Pendidikan, maupun Lembaga Swasta berbadan hukum nampak memadati Ball Room Hotel Grand Victoria, Jalan Letjend Supratman No 11, Samarinda pada hari Selasa (28/06).

Hadirnya tiga jenis lembaga yang merupakan pengguna bahasa diruang publik tersebut yakni terkait pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Hasil Analisis Data Pembinaan Lembaga dalam Pengutamaan Bahasa Negara tahun 2022-2024 di Samarinda.

Sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian proses tahap pembinaan yang terdiri dari 5 (lima) tahapan. Kegiatan ini pun digelar setelah adanya audiensi dengan para Lembaga Binaan pada bulan April lalu sekaligus pengambilan data ke seluruh lembaga.

Hadir sekaligus membuka jalannya acara, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kaltim, Halimi Hadibrata, memberikan sambutan dan penjelasan kepada para Lembaga Binaan mengenai pengutamaan Bahasa Negara diruang publik dan pentingnya pembinaan bahasa dalam dokumen.

“Secara teknis, pembinaan terhadap lembaga pengguna bahasa dilakukan secara berkelanjutan yakni selam tahun 2022-2024. Pada kesempatan kali ini fokus pembinaan yakni terkait bahan pembinaan dan sosialisasi untuk rangkaian tahapan selanjutnya,”terang Halimi.

Halimi pun menuturkan bahwa salah satu yang disoroti pada pembinaan lembaga ialah penggunaan bahasa dalam dokumen. Pada hasil analisis data yang telah diambil nantinya akan disertai dengan rekomendasi perbaikan bila ditemukan adanya penggunaan kaidah bahasa yang kurang tepat oleh lembaga.

“Dalam realisasi program ini harapannya seluruh lembaga binaan dapat terus mendukung dan bekerjasama dalam menyukseskan upaya pengutamaan bahasa negara yakni bahasa Indonesia. Karena sejatinya bahasa negara adalah identitas bangsa,“ sambungnya.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Sosialisasi dihadiriIr. Hery Suriansyah selaku Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kota Samarinda dan Pemaparan Materi oleh Narasumber tersebut turut diisi oleh pemateri diantaranya Nur Bety, Dwi Hariyanto dan Abdul Rahman. Hadir mewakili Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur, Pranata Humas yang diwakilkan Sukmawaty dan Fitria. (sw/pt)