Berita

Besok, Sekdaprov Kaltim Bakal Divaksinasi Pertama

  •   chitanichinta
  •   13 Januari 2021
  •   1:51am
  •   Berita
  •   286 kali dilihat

Samarinda— Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Muhammad Sa’bani akan menjadi orang pertama di Kaltim yang akan disuntik vaksin Covid-19  Sinovac produksi Tiongkok pada Kamis 14 Januari 2021. Merujuk arahan Presiden Joko Widodo bahwa Kepala Daerah sebagai orang yang terlebih dahulu divaksinasi.

“Iya saya yang pertama divaksinasi, rencananya 14 Januari.  Setelah Presiden pada 13 Januari. Ini akan menjadi penanda bahwa vaksin covid aman digunakan. Kalau nanti ada efek samping, itu sementara aja. Masih dalam batas aman,” ucapnya saat dikonfirmasi Selasa, (12/1/2021).

Diungkapkan Sa’bani, Gubernur dan Wakil Gubernur tidak akan divaksin karena ada alasan yang jelas. Gubernur Isran telah melewati batas usia penerima vaksin. Sementara Wagub Hadi disebut telah memiliki imun diri, sehingga tidak perlu disuntik vaksin.

"Pak Gub sudah lewat umur, kan maksimal 59 tahun. Kalau Pak Wagub sudah pernah terkonfirmasi positif dan punya imun, jadi tidak perlu vaksin," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Biro Humas Setdaprov Kaltim Syafranuddin menuturkan bahwa mereka yang telah menerima vaksin pada 14 Januari nanti akan kembali disuntik imun pada 28 Januari mendatang atau 14 hari setelah vaksinasi pertama.

Tak hanya itu, nanti prosesnya bakal disiarkan lewat live streaming dan video conference. Mulai dari membuka jarum hingga penyuntikan, semua bisa diketahui publik.

“Sehingga masyarakat bisa menyaksikan secara langsung dan tidak perlu takut ketika divaksinasi nanti,” imbuh pria yang akrab disapa Ivan itu.

Vaksin Covid-19 Sinovac mulai didistribusikan Dinkes Kaltim ke dua kabupaten/kota, yakni Samarinda dan Kukar. Untuk fase awal sasaran vaksinasi adalah tenaga medis dan pejabat daerah. (cht/as).