Berita

Besok Diskominfo Kaltim Gelar Forum Bakohumas 2022 se-Kalimantan Timur

  •   Sefty Wulandari
  •   31 Oktober 2022
  •   4:40pm
  •   Berita
  •   372 kali dilihat

Besok Diskominfo Kaltim Gelar Forum Bakohumas 2022 se-Kalimantan Timur

Samarinda – Dalam rangka menyikapi perkembangan Era Revolusi Industri 4.0 saat ini, peran Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (BAKOHUMAS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sebagaimana yang tertuang dalam Undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, maka Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim akan menyelenggarakan Forum Bakohumas tahun 2022 dengan tema “Peran Kehumasan dalam Menyambut Kehadiran IKN dan Masa Depan SDM Kaltim”, pada hari Selasa (01/11/2022) bertempat di Hotel Aston Jalan Pangeran Hidayatullah.

Agenda tahunan ini perdana kembali diadakan setelah vakum beberapa tahun belakang dikarenakan pandemi. Forum BAKOHUMAS menjadi momen silaturahmi serta bersinerginya para Humas untuk memperkuat hubungan dan kekompakan, terlebih Humas merupakan garda terdepan dalam diseminasi informasi untuk masyarakat.

Adapun narasumber yang dihadirkan diantaranya adalah Komandan Korem 091/ Aji Surya Nata Kesuma Brigjend TNI Dendi Suryadi, Mantan Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kaltim Rozani Erawadi. Peserta yang hadir ditargetkan kurang lebih ratusan, yang berasal dari Kehumasan di lingkungan Pemprov Kaltim dan Kabupaten Kota.

“Melalui agenda ini diharapkan Humas dapat menggelorakan informasi berupa kebijakan pemerintah baik itu ditingkat pusat, maupun daerah. Diusungnya tema ini juga agar spirit SDM Humas semakin terdorong untuk aktif mendiseminasikan informasi khususnya terkait kehadiran IKN di Kaltim,” ujar Kepala Bidang IKP Diskominfo Kaltim, Irene Yuriantini saat ditemui disela persiapan acara.

Senada dengan Irene, semangat dalam optimalisasi peran SDM Kehumasan dibutuhkan. Tak hanya dalam distribusi informasi namun juga proaktif dalam dalam merespon isu-isu tentang program pemerintah. Hal ini disampaikan oleh Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Muda sekaligus Kepala Seksi Kemitraan Media dan Komunikasi Publik, Awang Fauzan Rahman.

“Anggota Bakohumas diharapkan untuk paham tentang kebijakan-kebijakan instansinya. Sehingga informasi yang disampaikan baik itu di publik secara langsung maupun di media sosial dapat dipertanggungjawabkan sumber dan dasarnya,” ungkap pria yang akrab disapa Fauzan ini.

Fauzan juga menambahkan dengan hadirnya IKN di Benua Etam dapat memberikan peluang dan penguatan SDM Humas daerah. Peran serta SDM lokal tak boleh ditinggalkan dan harus berimbang keterlibatannya di tanah air.

“Keterlibatan lokal tentu sangat diharapkan dengan hadirnya IKN disini. Kontribusinya dalam membangun negeri tidak boleh timpang, hal ini untuk masa depan SDM Indonesia yang lebih maju khususnya di Kalimantan Timur,” pungkasnya. (sw/pt)