Berita

Berbagai Rangkaian Kegiatan Semarakkan HUT ke 76 Kemerdekaan RI

  •   resa septy
  •   15 Agustus 2021
  •   8:11pm
  •   Berita
  •   524 kali dilihat

Samarinda - Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76  Kemerdekaan Republik Indonesia sudah di depan mata. Berbagai agenda telah dipersiapkan, meski perayaannya kembali disemarakkan dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dimulai dari penyerahan Penghargaan Satyalancana Karya Satya, salah satu daripada rangkaian kegiatan dalam perayaan HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Ibukota Kalimantan Timur, Samarinda ini telah terselenggarakan, pada Kamis (12/8).

Kemudian dilanjutkan pada Jumat pagi (13/8), kegiatan diisi dengan gladi Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS), Detik-Detik dan Penurunan Bendera, serta Penyerahan Remisi Kepada Narapidana.

Selang dua hari kemudian, tepatnya Minggu malam (15/8) Pengukuhan Paskibraka Kaltim oleh Dispora Prov. Kaltim akan dilakukan di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur, Jalan Gajah Mada.

Rangkaian kegiatan selanjutnya diantaranya penyerahan Remisi Kepada Narapidana, mendengarkan pidato Presiden RI dalam rangka penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2022 dan Nota Keuangan Beserta Dokumen Pendukung  pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR-RI Tahun Sidang 2021-2022 serta AKRS akan dilaksanakan, pada Senin (16/8).

Tak berbeda jauh dari tahun sebelumnya, puncak acara HUT ke-76 Kemerdekaan RI yang ditandai dengan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi pada Selasa (17/8), akan dihelat dengan penerapan protokol kesehatan di Halaman Kantor Gubernur Kaltim pukul 09.30 Wita.

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim Moh. Jauhar Efendi menyatakan hal tersebut saat memimpin jalannya rapat persiapan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Ruang Rapat Tepian I Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (5/8) lalu.

"Peringatan HUT tahun ini berlangsung seperti tahun sebelumnya, upacara tetap dilaksanakan pukul 07.00 pagi di kantor masing-masing. Sementara detik-detik puncak peringatan pada pukul 09.30 dilaksanakan secara luring, daring dan membunyikan sirine,” ucap Jauhar.

Setelah itu dilanjutkan dengan potong tumpeng dan tepat pada pukul 11.00 Wita Gubernur Kaltim beserta jajaran Forkopimda Kaltim menghadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi secara virtual.

Sementara untuk Upacara Penurunan Bendera di Halaman Kantor Gubernur Kaltim nantinya akan dilakukan pada pukul 16.30 Wita. Sedangkan pukul 18.00 Wita, Gubernur Kaltim beserta jajaran Forkopimda Kaltim kembali menghadiri secara virtual Upacara Penurunan Bendera di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur, Jalan Gajah Mada. (resa/as)