Berita

Berbagai Kerajinan Ikut Serta Di Pra-Rapat APPSI

  •   prabawati
  •   25 Oktober 2022
  •   6:52pm
  •   Berita
  •   365 kali dilihat

Balikpapan - Berbagai hasil kerajinan dan olahan lokal UMKM Kaltim di pamerkan dalam Pra-Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2022.

Tepatnya di kanan lobi Hotel Novotel, terdapat mini stand yang memamerkan pernak pernik yang dapat menjadi buah tangan bagi tamu dan peserta Pra-Rapat APPSI se Indonesia.

Terdapat 7 UMKM yang membawa produk untuk di pemerkan selama 3 hari yakni tanggal 25-27 Oktober 2022 pada Pra-Rapat APPSI.

Salah satu penjual kerajinan tangan Kaltim Yuliana, mengatakan melalui kerajinan tangan itu dapat dipromosikan seni budaya daerah, sehingga tidak hanya berbicara keuntungan dan sebagainya.

Sejumlah kerajinan tangan asal Kaltim turut serta mengisi mini stand diantaranya seperti kalung batu, gelang batu, manik-manik, kain batik, tas manik, kain tenun. Selain itu ada gelang kayu, tas manik, baju, gantungan, madu bajakah.

"Ini yang paling utama kita sediakan, karena paling banyak dicari pembeli," tuturnya saat dikonfirmasi

Kerajinan tangan tersebut dibandrol dari puluhan hingga ratus ribu rupiah. Untuk tenun asli sendiri dikisaran harga Rp 750.000, sedangkan tas manik sendiri dikisaran Rp 35.000 hingga Rp 250.000.

Sebutnya yang paling banyak diburu pembeli yakni kain tenun, tas manik dan kalung manik. Penjualan kerjaninan tangan ini pun juga dipasarkan di luar kota hingga luar negeri.

Dirinya mengajak para peserta untuk mampir ke stand ataupun ke toko pusat oleh-oleh pasar impres kebun sayur.

"Ayo dibeli kerajinan khas Kaltim untuk oleh-oleh dirumah maupun dipakai sendiri pun bagus,"ajaknya (Prb/ty).