Berita

Belajar Pengelolaan Media, Diskominfo Kaltim dan Kabupaten/Kota Studi Tiru ke Jawa Timur 

  •   Khajjar Rohmah
  •   9 Mei 2023
  •   6:39pm
  •   Berita
  •   316 kali dilihat

Surabaya - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Diskominfo kabupaten/kota melaksanakan studi tiru dan orientasi lapangan ke Provinsi Jawa Timur (Jatim) mengunjungi Diskominfo Provinsi Jatim. 

Studi tiru ke Diskominfo Jatim dipilih, karena prestasi yang banyak ditorehkan oleh dinas yang menggawangi urusan Bidang Komunikasi dan Informatika di Provinsi Jawa Timur ini. 

Diskominfo Jatim pernah dinobatkan sebagai media internal terbaik se-Indonesia dan penerbit berita rilis terbanyak se-Indonesia dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Terbaru, Diskominfo Jatim juga menerima penghargaan SPBE dari Kemenpan RB. 

Kunjungan studi tiru Diskominfo Kaltim dan kabupaten/kota disambut hangat oleh tuan rumah. Kepala Diskominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin meyambut langsung delegasi dari Bumi Etam.  

"Kami kedatangan tamu jauh. Saya senang kalau provinsi dan kabupaten/kota datang ramai-ramai seperti ini. Terlihat guyub (rukun) banget gitu," kata Sherlita menyambut kehadiran tim Diskominfo Kaltim dan kabupaten/kota di Kantor Diskominfo Jatim Jalan Ahmad Yani Kecamatan Gayungan Surabaya, Selasa (9/5/2023) sore. 

Ia pun menjelaskan struktur organisasi Diskominfo Jatim dan program prioritas yang akan dijalankan pada tahun 2023. 

Diskominfo Jatim memiliki lima bidang dan satu sekretariat. Lima bidang tersebut di antaranya, Bidang Informasi Publik, Bidang Komunikasi Publik, Bidang Aplikasi Informatika (Aptika), Bidang Infrastruktur TIK, serta Bidang Pengelolaan Data dan Statistik. 

Sementara, program prioritas Diskominfo Jatim tahun ini di antaranya adalah pelaksanaan satu data berbasis big data, digitalisasi desa, CSIRT Jatim, perjanjian kerja sama dengan perguruan tinggi dan disemenisasi informasi melalui program Kopilaborasi, Klinik Hoaks, videotron dan sarana media kehumasan lainnya. 

Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Jatim merupakan pengamanan informasi di pemerintahan provinsi untuk mengantisipasi dan mengatasi serangan siber di sektor pemerintah. 

Di tempat yang sama, Kepala Bidang IKP dan Kehumasan Diskominfo Kaltim, Irene Yuriantini menjelaskan, kunjungan ke Diskominfo Jatim ini adalah agenda lanjutan dari Workshop Pengelolaan Konten Media Instansi Pemerintah di Batu Jawa Timur, sehari sebelumnya. Dimana pemateri pada workshop tersebut adalah Pranata Humas Ahli Muda Sub Koordinator Sub Subtansi Media Publik Diskominfo Jatim. 

Hadir membersamai kunjungan ini, Ketua KI Kaltim Ramaon Dearnov Saragih, perwakilan Diskominfo dari sembilan kabupaten/kota dan jajaran pejabat Diskominfo Jatim. (KRV/pt)