Berita

Bappeda Lakukan Forum Data I dan Geospasial

  •   Ade Putri
  •   6 Oktober 2021
  •   11:59am
  •   Berita
  •   422 kali dilihat

Samarinda - Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Kaltim melalui Bidang Statistik sebagai walidata menghadiri undangan Forum Data I Statistik dan Geospasial, bertempat di Kantor Bappeda Kaltim, Selasa (5/10).

Kepala Seksi Statistik Sumber Daya Alam dan Infrastruktur , Untung Maryono menuturkan pertemuan ini sebagai momentum awal Diskominfo sebagai walidata untuk bertemu secara langsung dengan Perangkat Daerah yang dalam hal ini sebagai produsen data.

Agenda pada pertemuan ini juga membahas Pemutakhiran data statistik di aplikasi Sistem Informasi Data (SIDATA) dan Pemutakhiran Informasi Tematik (IGT).

“Kegiatan ini di fasilitasi oleh Bappeda dan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 4 sampai 6 Oktober 2021, dengan mengundang Perangkat Daerah sebagai produsen data,” ucapnya saat di hubungi melalui pesan WhatsApp.

Dia menjelaskan Bappeda yang diberikan amanah sebagai Sekretariat Satu Data Indonesia di Tingkat Provinsi memiliki tanggung jawab untuk menjalankan dukungan teknis, operasional maupun administratif dalam hal penyelenggaraan kegiatan Satu Data Indonesia, dalam hal ini Bappeda bertugas untuk mengupdate data statistik dan geospasial yang ada di website Sidata.

“Kedepanya data yang dihasilkan oleh Perangkat Daerah dapat di akses lewat portal https://data.kaltimprov.go.id yang dikelola oleh Diskominfo yang telah terintegrasi dengan portal Satu Data Indonesia,” ungkap Untung.

Selanjutnya Untung mengatakan untuk tahun 2022 Diskominfo Kaltim melalui Bidang Statistik akan melakukan pelatihan metadata untuk melengkapi data-data yang sudah ada di web Sidata yang dikelola oleh Bappeda.

“Apabila data tersebut sudah dilengkapi metadata maka akan kita publish di portal Satu Data Kaltim (https://data.kaltimprov.go.id),” tutupnya. (ade/pt)