Berita

Bangun Komitmen dan Sinergi Bersama, Dinkes Kaltim Gelar Pertemuan Germas di Tatanan Sekolah

  •   Sefty Wulandari
  •   16 Mei 2023
  •   9:25pm
  •   Berita
  •   352 kali dilihat

Samarinda - Sekolah merupakan salah satu tatanan yang dapat mengimplementasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan optimal. Hal ini, lantaran siswa maupun pelajar usia Sekolah merupakan sasaran strategis dalam pelaksanaan program kesehatan. Begitupula dengan Germas di Kalimantan Timur (Kaltim) yang terus secara aktif digalakkan.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Kesehatan Kaltim mengadakan pertemuan Germas di Tatanan Sekolah dengan target peserta yang menjangkau seluruh kabupaten/kota di Bumi Etam. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari yakni 16-18 Mei 2023 dan dibuka pada hari Selasa (16/05] bertempat di Hotel Horison Samarinda.

Untuk dapat menyukseskan Germas tidak hanya dapat mengandalkan peran di sektor kesehatan saja, namun tentu harus melibatkan unsur lain, serta ditunjang pula oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Hal ini disampaikan dalam sambutan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim dr H. Jaya Mualimin Sp KJ., M.Kes., MARS yang diwakili oleh Plt Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkesprov Kaltim Sri Sedono Iswandi, S.KM., M.Kes.

Menghadirkan berbagai narasumber selama kegiatan nantinya yakni dari Dinas Kesehatan Kaltim, BAPPEDA Kaltim, Biro Kesra Setdaprov Kaltim dan juga Disdikbud Kaltim, serta SMA 10 Samarinda.

"Sekolah merupakan salah satu tatanan yang sangat potensial untuk Germas. Diharapkan para siswa dan guru serta pengelola UKS dapat turut menjadi penggerak, motivator dalam pembangunan kesehatan, serta menjadi teladan, " jelasnya saat membuka acara.

Dono (sapaan akrab) menambahkan dirinya mengharapkan keaktifan peserta dan terjalinnya diskusi yang menghasilkan buah pemikiran dalam komitmen seluruh pihak untuk berperan meningkatkan kualitas hidup sehat.

Tak hanya itu, dirinya pun berharap melalui pertemuan ini agar dapat menghasilkan kesepakatan dan tindak lanjut yang dapat diimplementasikan untuk menjawab tantangan dalam menyelenggarakan Germas. Dinkesprov Kaltim pun telah menyusun berbagai agenda terkait kedepannya untuk pelaksanaan Germas.

"Telah dirancang pula berbagai rencana kegiatan kita kedepannya di sepanjang tahun ini. Tak sendiri, ada pula yang kolaborasi, harapannya dapat membudayakan budaya hidup sehat sejak dini dan lebih luas lagi," imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan ini yakni Biro Kesra Setdaprov Kaltim, BAPPEDA Kaltim, Disdikbud Kaltim, Diskominfo Kaltim, TP PKK Kaltim, PPPKMI Kaltim beserta seluruh peserta dari Dinkes Kabupaten Kota se Kaltim. (sef/pt).

 

Foto : Bagus S.