Berita

Balitbangda Kaltim Mulai Persiapan Data untuk Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2023

  •   Hendra Saputra
  •   12 September 2023
  •   2:48pm
  •   Berita
  •   341 kali dilihat

Samarinda - Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kalimantan Timur telah menggelar rapat untuk membahas Persiapan Data yang akan mendukung Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) Tahun 2023.

Rapat tersebut bertempat di Ruang Penelitian 1 Balitbangda Prov. Kaltim pada Selasa (12/9/2023) dan dibuka oleh Kepala Balitbangda Kaltim, Fitriansyah. Tampak Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Sosial dan Pemerintahan Balitbangda Kaltim, Endang Sugiatik, Pranata Komputer Ahli Muda Diskominfo Kalimantan Timur, Bambang Kukilo A.S, serta perangkat daerah (OPD) terkait.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Balitbangda Kaltim, Fitriansyah, mengingatkan bahwa ini adalah kegiatan rutin, namun ada banyak aspek yang perlu ditingkatkan, terutama dalam pengumpulan data.

“Tahun sebelumnya, terdapat kekurangan data di dimensi satu, yang disebabkan oleh ketidaktersediaan data. Ia meminta bantuan semua pihak untuk mengatasi hal ini,” terangnya.

Fitriansyah juga mengharapkan agar kendala yang muncul dalam proses pengumpulan data segera dilaporkan kepada pimpinan, sehingga tindakan perbaikan dapat segera diambil.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Sosial dan Pemerintahan Balitbangda Kaltim, Endang Sugiatik, juga menyampaikan bahwa tim pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023 telah dibentuk berdasarkan Keputusan Gubernur Kalimantan Timur Nomor: 100.3.3.1/k.312/2023.

Dia juga menginformasikan bahwa penginputan data IPKD Tahun Anggaran akan dilakukan pada tanggal 18-24 Oktober 2023 mendatang. Hal ini berarti data tahun 2022 akan diverifikasi pada tahun 2023, dengan selisih satu tahun sebelumnya. (hend/pt)