Berita

Balitbangda Hadirkan Area "ISRAN" Sebagai Ikon Baru Kalimantan Timur

  •   Leliyana Andriyani
  •   29 April 2021
  •   10:30am
  •   Berita
  •   382 kali dilihat

SAMARINDA --- Balitbangda Provinsi Kalimantan Timur kembali dengan terobosan terbaru dengan menghadirkan wadah untuk penelitian ilmu pengetahuan terutama dari aspek dari sumber daya alam, teknologi dan teknologi terapan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

 Memanfaatkan aset Pemerintah Daerah seluas 6.821 M2 sebagai area ilmu pengetahuan dan riset serta rekreasi, ISRAN singkatan dari “Inovation Science and Research Area Network” bertujuan untuk mengoptimalkan aset Pemerintah Daerah yang belum dimanfaatkan, sebagai wadah inovasi dan riset ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengangkat kearifan budaya lokal dan juga sebagai wadah rekreasi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi melalui inovasi dan riset.

 Kepala Balitbangda Provinsi Kalimantan Timur Abdullah Sani menjelaskan bahwa dengan adanya ISRAN menunjukan bahwa Balitbangda punya greget sehingga tidak dipandang sebelah mata. Hal ini mengingat bahwa pembangunan itu nantinya berdasarkan hasil penelitian tidak semata-mata terus membangun tanpa ada penelitian.

 "Kita di Balitbangda harus bekerja keras bahwa program ini walau tidak ada kucuran dana kita tetap harus bekerja ikhlas dan penuh tanggung jawab,"tukas Sani, Senin (25/4).

 Sani menjelaskan bahwa lahan yang digarap menjadi area ISRAN belum sampai sebulan namun sudah secara maksimal dikerjakan. Hal ini membuktikan bahwa Balitbangda mampu berperan lebih daripada yang lain dan program ini diharapkan dapat menghasilkan PAD bagi Kaltim.

 Tentunya pembangunan filosofi konsep pembangunan area ISRAN pun dirancang agar tetap menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar seperti tidak menebang pohon dalam area dan menanam berbagai jenis pohon dan holtikultura Kaltim.

 Harapan besar agar area ISRAN dapat menjadi ikon yang ada di Kalimantan Timur dengan mengangkat sektor pariwisata & industri kreatif Kalimantan Timur. (DISKOMINFO/LA)