Berita

Balikpapan Raih Penghargaan Bergengsi Asean Clean Tourist City Award

  •   Ceppy
  •   31 Januari 2024
  •   12:50pm
  •   Berita
  •   446 kali dilihat

Vientiane, Laos – Kota Balikpapan berhasil meraih penghargaan bergengsi Asean Clean Tourist City Award dalam Asean Tourism Awards tahun 2024 yang digelar di Vientiane, Laos, Senin (29/01/2024).

Prestasi ini menunjukkan dedikasi dan kerja keras dari semua pihak yang terlibat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan pariwisata.

ASEAN Tourism Awards merupakan inisiatif dari negara-negara anggota ASEAN sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya para pelaku pariwisata dalam menciptakan destinasi wisata unggul dan berkualitas. Dengan demikian, diharapkan visi ASEAN sebagai destinasi tunggal dapat segera terwujud. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Ririn Sari Dewi, menyampaikan apresiasi atas prestasi membanggakan ini.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim, kami mengucapkan selamat dan turut senang serta berbangga atas penghargaan ASEAN Tourism Awards 2024, semoga dengan terpilihnya Kota Balikpapan memberikan nilai kepercayaan terhadap destinasi yang ada sehingga semakin diminati oleh para wisatawan baik dalam dan luar negeri", ungkap Ririn.

Penghargaan ini terbagi dalam lima kategori, termasuk ASEAN Sustainable Tourism Award, ASEAN Green Hotel Award dan ASEAN MICE Venue Award. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menyatakan bahwa prestasi ini menjadi bukti bahwa promosi sektor pariwisata Indonesia semakin global.

“Atas nama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kami sangat senang menerima penghargaan di ASEAN Tourism Awards 2024. Indonesia selalu menjadi negara yang dinamis dan berbudaya dengan banyak destinasi indah, dan ini semakin mengukuhkan sekaligus mengangkat nama Indonesia sebagai salah satu pilihan terbaik di kawasan ASEAN,” kata Sandiaga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Kota Balikpapan, Ratih Kusuma, menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh warga atas penghargaan tersebut.



“Dengan kebanggaan dan sukacita, kami mengucapkan selamat kepada seluruh warga Balikpapan atas prestasi gemilang dalam meraih Penghargaan Asean Tourism Awards 2024 di kategori Asean Clean Tourist City Award yang diselenggarakan di Vientiane, Laos. Teruslah menjaga kebersihan dan keindahan Balikpapan, sehingga tetap menjadi destinasi yang ramah lingkungan dan memukau bagi para wisatawan," pungkas Ratih. (cpy/pt)

Berikut ini merupakan daftar lengkap pemenang ASEAN Tourism Awards 2024 setiap kategori:

ASEAN Sustainable Tourism Award

Ubud Gastronomy, Bali (Rural Product Category);

Singkong Village, Salatiga (Winning Urban Category).

ASEAN Clean Tourist City Award

- Surabaya

- Balikpapan.

ASEAN Green Hotel Award:

- Safari Resort, Bogor

- Nihi Sumba, NTT

- 101 Bali Fontana Seminyak;

- Capella Ubud, Bali

- Plataran Menjangan, Bali.

ASEAN MICE Venue Award:

- Hotel JW Marriott Jakarta (Dua Mutiara Ballroom) (Meeting Room Category)

- Hotel Ritz Carlton Jakarta Kuningan (The Ritz-Carlton Grand Ballroom) (Meeting Room Category)