Berita

Balikpapan City Trans Kini Beroperasi Layani Masyarakat, Gratis Selama 3 Bulan Uji Coba

  •   Ceppy
  •   9 Juli 2024
  •   7:32pm
  •   Berita
  •   3442 kali dilihat

Balikpapan - Moda transportasi publik Balikpapan City Trans (Bacitra) kini telah resmi beroperasi untuk masyarakat. Sejak Senin (08/07/2024) sebanyak enam unit bus telah aktif dan dapat digunakan masyarakat.

Masyarakat dapat menggunakan moda ini secara gratis selama tiga bulan masa uji coba kedepannya. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Balikpapan, Adwar Skenda Putra mengatakan pemerintah terus menggalakan sosialisasi kepada masyarakat Balikpapan, terkait jalur pemberhentian bus dalam uji coba yang diberlakukan.

"Hari ini (Senin) uji coba kendaraan dan sopir, sembari kita sosialisasikan jalur pemberhentian bus kepada masyarakat," ujar Edo, sapaan akrabnya.

Hal ini merujuk beberapa kendaraan yang masih terlihat parkir di tanda rambu, atau titik pemberhentian bus Balikpapan City Trans.

"Sambil kita sosialisasikan. Sehingga ini akan kami lakukan evaluasi ke depannya, agar tidak ada lagi kendaraan yang berhenti di sana," imbuhnya.

Layanan transportasi publik ini berbasis aplikasi Mitra Darat dengan fitur Teman Bus. Masyarakat dapat mengunduh aplikasi tersebut guna mengetahui posisi bus dalam melewati rute koridor. Upaya ini pula diharapkan menjadi bagian dari digitalisasi 4.0 smart city.

Untuk diketahui, Koridor A melayani rute dari Pelabuhan Semayang sampai Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, dengan jarak 26,6 kilometer.

Koridor B dari dan berakhir di Terminal Batu Ampar dengan rute Terminal Batu Ampar-Jalan Ahmad Yani-Jalan MT Haryono, dan kembali ke Terminal Batu Ampar sepanjang 20,6 kilometer.

Sementara Koridor C, bus melayani rute dari Terminal Batu Ampar-Jalan MT Haryono. (cpy/pt).