Berita

Badak Pahu Satu-Satunya di Kutai Barat

  •   Bagus Setiawan
  •   8 Maret 2023
  •   3:15pm
  •   Berita
  •   832 kali dilihat

Badak Pahu Satu-Satunya di Kutai Barat

Kelian - Hari kedua rombongan kunjungan kerja Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Timur ke lokasi Suaka Badak Kelian Kabupaten Kutai Barat, yang dikelola oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam, untuk melihat perawatan dan perkembangan Badak cula satu bernama Pahu. (8/3)

Untuk melihat Badak dari dekat, petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mengatakan tidak boleh beramai-ramai dikarenakan keadaan Pahu mudah stres, maka dari itu cuma empat orang yang melihat dari dekat yaitu Wagub Kaltim Hadi Mulyadi di dampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muhamad Faisal dan dua dokumentasi.

Hadi Mulyadi sangat berterima kasih kepada BKSDA sudah merawat Badak yang masih ada di Kaltim, sebenarnya masih ada satu lagi yang berada di Kabupaten Mahakam Ulu dan masih di usahakan dibawa ke Klian.

"Terimakasih untuk BKSDA yang telah merawat dan memelihara Pahu, ini merupakan badak satu-satunya di Kubar, untuk badak yang di Mahakam Ulu masih di upayakan untuk dapat di rawat disini" ungkap orang nomor dua bumi etam.

Untuk kesehatan dan perkembangbiakan Badak, BKSDA ke depannya akan melakukan cara inseminasi buatan/bayu tabung, dikarenakan kedua badak tersebut berjenis betina.

Dokter hewan Aidel Fitri menjelaskan luasan kawasan lahan pemeliharaan BKSDA Klian seluas 500 hektar sedangkan perawatan badak sekitar 20 hektar.

"Tidak hanya badak yang di rawat di sini, macan dahan, beruang madu, payau, primata owa, bekantan dan beruk"jelasnya.

Untuk diketahui biaya perawatan Pahu sebesar 1,5 miliar yang mana dananya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. (Bgs/ty)