Berita

Atasi Kesenjangan Digital Dengan Internet Masuk Desa

  •   prabawati
  •   18 Oktober 2021
  •   4:59pm
  •   Berita
  •   1463 kali dilihat

Samarinda - Kesenjangan digital dan  informasi menjadi isu di masyarakat pedesaan, oleh karena itu Dinas Komunikasi dan Informantika Prov. Kaltim menetapkan program unggulan dengan penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan internet untuk menghubungkan desa-desa.

Hal ini sebagai upaya mewujudkan penduduk melek teknologi informasi dan komunikasi, sehingga mampu mencerdaskan diri dan memakmurkan kehidupan masyarakat. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dianto saat menjadi pembicara pada Pemetaan Kemampuan Sarana Telekomunikasi Per Wilayah, secara daring, Senin (18/10).

Dianto menjelaskan salah satu layanan Diskominfo untuk mengurangi kesenjangan antara kota dan desa dalam hal penyediaan internet di pedesaan atau daerah blankspot.

"Kita memiliki desa-desa terpencil dan kondisi desa itu ada yang memiliki listrik dan infrastruktur jalan yang belum memadai serta ada juga yang tidak memiliki jaringan listrik apa lagi jaringan telekomunikasi," terangnya.

Dianto mengatakan ada beberapa desa yang sulit dijangkau seperti di Mahakam Ulu, Berau, Kutai Barat, Paser dan Kukar.

Untuk memenuhi telekomunikasi komunikasi dipedesaan diperlukan pendataan. Oleh karena itu, pihaknya berusaha sekeras mungkin supaya bisa terpenuhi.

Dia mengaku pemasangan akses internet desa tersebut akan terus dilakukan dengan jumlah yang terus bertambah setiap tahunnya.

Tentunya dengan keberadaan akses internet desa akan menunjang perangkat desa menggunakan layanan urusan pemerintah desa. (Prb/ty).