Berita

ASKOMPSI Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan ADLG Awards 2023

  •   Khajjar Rohmah
  •   9 Juni 2023
  •   3:21pm
  •   Berita
  •   448 kali dilihat

Samarinda – Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) kembali menggelar ASKOMPSI Digital Leadership Government (ADLG) Awards tahun ini. Agenda penghargaan tahunan kepada para Sekretaris Daerah (Sekda) di seluruh Indonesia ini, merupakan wujud apresiasi terhadap kinerja kepemimpinan dalam kerangka digitalisasi pemerintahan. Melalui pelaksanaan regulasi Sistem Pemerintahan Berbasis ElektronikSPBE, Satu Data Indonesia, Smart Province, dan Smart City.

Dalam Sosialisasi Penyelenggaraan ADLG Awards 2023 yang digelar secara daring pada Jumat (9/6/2023) pagi, Ketua ASKOMPSI Muhammad Faisal menuturkan, hingga saat ini sudah terdapat 100 partisipan yang mendaftar untuk mengikuti seleksi ADLG Awards tahun 2023.

Kegiatan ADLG Awards ini diharapkan mampu mendorong percepatan implementasi penerapan SPBE di seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) di Indonesia. Sesuai dengan Perpres 95 Tahun 2018.

“Kami ingin memberikan atau meyakinkan bahwa penerapan SPBE sangat bergantung sekali pada digital leadership seorang Sekda. Tidak bisa hanya ditumpukan pada Diskominfo saja,” ujar Ketua ASKOMPSI, Muhammad Faisal yang juga menjabat sebagai Kepala Diskominfo Kaltim.



Ia mengakui, dalam penerapannya di daerah, masih banyak persepsi yang menganggap tanggung jawab implementasi SPBE hanya ada pada Diskominfo. Hal ini yang membuat penerapan SPBE tidak berjalan optimal.

“Jadi harapan kami, dengan kegiatan ADLG Awards untuk para Sekda sebagai leader di daerah dapat memacu penerapan SPBE,” tutur Faisal.



Sosialisasi Penyelenggaraan ADLG Awards 2023 dibuka oleh Erliani Budi Lestari selaku Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah II, Kemendagri. Serta dihadiri oleh Ketua Forum Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia, Dewan Pengurus Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia dan Dewan Pengurus Forum Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia. (KRV/pt)