Berita

Art & Culture Festival 2023: Perayaan Keanekaragaman Seni dan Budaya Kalimantan Timur oleh UPTD Taman Budaya Provinsi

  •   Hendra Saputra
  •   21 September 2023
  •   6:24pm
  •   Berita
  •   774 kali dilihat

Samarinda - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur, melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi, mengadakan perayaan Art & Culture Festival 2023, Kamis (21/9/2023).

Festival ini berlangsung dari tanggal 21 hingga 23 September 2023 mendatang di UPTD Taman Budaya, Jalan Kemakmuran No. 30, Samarinda.

Muhammad Kurniawan selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur, yang mewakili Gubernur Provinsi, menyampaikan sambutan.

Ia menyambut festival ini dengan gembira dan berharap acara ini berjalan lancar, menghadirkan beragam budaya Kalimantan Timur, serta membantu melestarikan dan mengembangkan seni budaya etam Kalimantan Timur.

"Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur merasa bangga dan bahagia melihat minat besar dari masyarakat, terutama seniman, budayawan, pelaku seni dan peminat seni di Kalimantan Timur yang berkontribusi dalam Art & Culture Festival 2023, "terangnya.

Festival ini,  lanjutnya menghadirkan beragam kegiatan, seperti pembimbingan batik Kaltim untuk putra dan putri Kalimantan Timur, lomba Podcast Reportase Bahasa Kutai, penampilan musik dan lagu daerah Kaltim, serta bazar kuliner, UMKM dan kerajinan.

Kurniawan menekankan bahwa Kalimantan Timur adalah tempat di mana berbagai etnis, budaya dan tradisi hidup berdampingan, dan kekayaan seni dan budaya di sini adalah salah satu aset terbesar provinsi ini. Namun, ia juga mengingatkan bahwa keanekaragaman ini memerlukan perawatan dan pengembangan yang serius.

"Keanekaragaman seni dan budaya di seluruh Kalimantan Timur harus dijaga, dilestarikan dan ditempatkan untuk masa depan agar tidak tergerus oleh arus budaya luar yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya Indonesia atau hilang dalam gelombang globalisasi dan kemajuan zaman, " imbuhnya.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memberikan apresiasi tinggi kepada semua pelaku seni budaya yang berkomitmen untuk melestarikan dan mengembangkan tradisi serta seni budaya, sebagai langkah membangun prestasi dan merawat warisan budaya yang berharga bagi Kalimantan Timur. (hend/pt)