Berita

Angka Harapan Hidup di Indonesia Mencapai 71,38 Tahun

  •   ade putri
  •   29 Mei 2021
  •   4:45am
  •   Berita
  •   1345 kali dilihat

SAMARINDA- Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI mengadakan Acara Puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2021 dengan tema Lansia Bahagia Bersama Keluarga, Sabtu (29/5/2021).

Hari Lanjut Usia pada tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena kita masih harus tetap waspada menjaga dampak yang beresiko dari pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pelaksanaan HLUN dilaksanakan secara virtual, dan secara langsung di Balai Budi Darma dengan peserta yang sangat dibatasi.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Isran Noor diwakilkan Kepala Dinas Kesehatan Prov Kaltim, Padilah Mante Runa, Kepala Dinas Sosial, HM Agus Hari Kesuma dan Sekretaris Dinas Kominfo Kaltim, Edi Hermawanto Noor, mengikuti kegiatan tersebut secara virtual, bertempat di Ruang Heart of Borneo Kantor Gubernur Lantai 2.

Menurut laporan Harry Hikmat selaku Dirjen Rehabilitas Sosial, salah satu kegiatan yang merupakan rangkaian Hari Lanjut Usia Nasional, yaitu pemberian Vaksinasi bertahap kepada lansia.

“Tercatat sampai harini sudah masuk pada angka sekitar 8.000 lansia telah di Vaksinasi,” sebutnya

Menteri Sosial, Tri Rismaharini dalam arahannya mengatakan angka harapan hidup manusia di Indonesia saat ini mencapai 71,38 tahun, dimana angka harapan ini sudah luar biasa bisa kita capai.

Beliau juga mengingatkan kepada anak-anak muda untuk tetap memperhatikan dan menghormati para lansia dan para orang tua yang selama ini telah merawat dan membesarkan serta mewujudkan cita-cita mereka.

Risma memiliki ide dengan membentuk Posyandu Lansia, ia juga sedang menyiapkan regulasi dimana para lansia yang tinggal di balai atau yayasan bisa mendapatkan perhatian lebih dari Pemerintah.

“Saat ini kami sedang coba godok, mudah-mudahan dapat meringankan beban dari yayasan maupun ketua LKS dan LSM untuk bagaimana para lansia lebih mendapatkan perhatian dari kita semua,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Kementerian Sosial juga memberikan penghargaan bagi lanjut usia berprestasi khususnya di Bidang Pendidikan,Bidang Kebudayaan dan Bidang Olahraga.

Setelah Acara Puncak Hari Lanjut Usia dilanjutkan dengan acara Webinar Cerita Lansia yang dipandu para mahasiswa dari Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung. (ade/pt)