Berita

Amsindo Prov Kaltim Gelar FGD dengan Tema "Cerdas Bermedia Menangkal Hoax Jelang Pesta Demokrasi 2024"

  •   Hendra Saputra
  •   18 Mei 2023
  •   2:36pm
  •   Berita
  •   637 kali dilihat

Samarinda - DPW Asosiasi Media Sosial dan Siber Indonesia (AMSINDO) Prov Kaltim Menggelar Focus Group Discussion (FGD).

FGD dengan tema "Cerdas Bermedia Menangkal Hoax Jelang Pesta Demokrasi 2024" sekaligus musyawarah cabang ke-1 pembentukan DPC Amsindo kota Samarinda yang diselenggarakan di Hotel Grand Kartika Samarinda, Kamis (18/5/2023).

FGD tersebut dibuka oleh Kadis Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal, dan dihadiri Ketua Amsindo Kaltim, M. Dio Mahendra, Anggota Amsindo Kaltim, serta menghadirkan pemateri dari KPU Provinsi Kaltim, Bawaslu Provinsi Kaltim, Cyber Polda Kaltim dan Mapindo Kota Samarinda.

Amsindo sendiri merupakan singkatan dari Asosiasi Media Sosial dan Siber Indonesia. Organisasi yang menaungi media sosial dan online yang ada di indonesia. Amsindo memiliki anggota lebih dari 400 yang tersebar di seluruh indonesia.

Diketahui Amsindo Kaltim sendiri memiliki 51 anggota yang tersebar di seluruh kabupaten/Kota yang ada di kaltim.

Muhammad Faisal mengatakan menyambut baik kegiatan ini,  mudah-mudahan bisa berlanjut terus. Amsindo juga bisa menambah wawasan pengetahuan anggotanya kemudian juga bisa memberi wawasan kepada masyarakat untuk lebih baik.

Sebagai sebuah organisasi tentu pengurusnya tidak mudah harus bisa mengakomodir seluruh anggotanya.

"Kami pemerintah tentu saja senang dengan kondisi itu ketika pengurus bisa menjaga dan membawa anggotanya menjadi lebih baik, " terangnya.

Lanjutnya lagi, Amsindo selama ini di Kaltim perkembanganya sudah cukup bagus. Turut bangga juga kepada ketua Amsindo Kaltim.

Dalam kesempatan tersebut, Faisal menyebutkan di tahun 2021 dan 2024 Provinsi Kaltim peringkat ke tiga nasional indeks literasi digital selama 2 tahun,  berturut-turut berada di peringkat 3.

Sedangkan indeks masyarakat digital untuk tahun 2023 hasil dari 2022 Provinsi Kaltim berada ditingkat 4 nasional itu satu-satunya di luar pulau Jawa. Untuk indeks kebebasan pers tahun 2022 berada diperingkat 1 nasional dan untuk tahun 2023 hasil dari 2022 kita berada ditingkat 1 nasional.

"Terimakasih hari ini sudah menyelenggarakan FGD semoga kita terbuka wawasan semuanya dan terimakasih juga kepada kawan-kawan Mapindo, " ucapnya.

Amsindo mempunyai peran penting dalam penyebaran desiminasi informasi yang semakin kuat dan bagus. Setelah adanya Amsindo atau kelompok kelompok-kelompok media sosial.

Faisal pun menambahkan sebagai pemerintah tak lupa ucapkan terimakasih. Berpesan agar  kawan-kawan di Amsindo dan anggotanya baik-baiklah menulis berita yang riil/nyata kepada masyarakat.

"Mari tingkatkan kualitas informasi,  banyak-banyak sharing. Kemudian  juga tingkatkan kualitas akunnya, jika perlu urus izinnya yang tadinya cuman akun medsos ayo menjadi akun media online yang resmi dengan mengurus regulasinya, " ajak Faisal seraya mengimbau. (hend/pt)