Berita

Aktif di Berbagai Sektor, Diskominfo Kaltim Monitor dan Evaluasi KIM di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Sangatta

  •   Ceppy
  •   12 Juni 2024
  •   7:21pm
  •   Berita
  •   163 kali dilihat

 Sangatta – Sebagai bagian dari kegiatan Monitoring dan Evaluasi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM), Tim Penilai dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim mengunjungi salah satu lokasi KIM yang berada di Kabupaten Kutai Timur.

Visitasi tersebut berlangsung Selasa (11/06) bertempat di KIM Pondok Pesantren Mambaul Ulum yang berada di Desa Persiapan Pinang Raya, Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur. Tim Penilai terdiri dari Pengadministrasi Umum Hamidah beserta anggota tim dari Diskominfo Kaltim, bersama dengan Sekretaris Kecamatan Sangatta Selatan Rusmiati dan Diskominfo Staper Kutim yang diwakili oleh Kepala Bidang IKP dan Kehumasan Lisa Komentin beserta Staf.

KIM ini aktif dalam membagikan dan melaksanakan kegiatan yang informatif dalam sektor pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat. Selain aktif dalam bidang pendidikan, KIM Ponpes Mambaul Ulum juga aktif dalam kegiatan sosial dan lingkungan seperti pengelolaan Bank Sampah dan hasil olahan limbah setempat. Dari segi UMKM pun, KIM ini juga menjalankan budidaya lebah madu klulut dan Bebek Peking dengan tujuan memajukan perekonomian lokal yang inovatif.

“Semoga dengan dibentuknya KIM kami ini dapat memberikan manfaat dan apa yang kami programkan selama ini bisa tersampaikan kepada masyarakat dan juga memberikan dampak positif terhadap kemajuan di Kutai Timur ini khususnya,” ujar Yu’ti Af’idah selaku perwakilan dari KIM Ponpes Mambaul Ulum.

Pemerintah setempat memberikan apresiasi dan dukungannya untuk memajukan KIM-KIM yang berlokasi di wilayah tersebut. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Kecamatan Sangatta Selatan Rusmiati yang dari awal hingga akhir Movev turut membersamai Tim Penilai dan KIM yang dinilai.

“Kami apresiasi kegiatan dari Kominfo terkait Komunitas Informasi Masyarakat yang berperan membantu masyarakat dalam penyampaian informasi kegiatan mereka apalagi sekarang di era digital. Nah, ini sangat membantu tentunya ya” ucap Rusmiati.

Dengan adanya kunjungan dan evaluasi ini, diharapkan KIM Pondok Pesantren Mambaul Ulum dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi nyata dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, sosial, lingkungan, dan ekonomi.

Dukungan penuh dari pemerintah dan Diskominfo Kaltim menunjukkan komitmen untuk memperkuat peran KIM dalam memberdayakan masyarakat di era digital, sehingga informasi dapat tersampaikan secara efektif dan bermanfaat bagi kemajuan Kabupaten Kutai Timur. (cpy/pt)