Berita

Akses Jalan Menuju Wisata Gua Baru Tapak Raja di Sepaku Diharapkan Selesai Akhir Tahun

  •   Hendra Saputra
  •   23 September 2023
  •   5:26pm
  •   Berita
  •   464 kali dilihat

Sepaku - Jalan Inpres Daerah (IJD) yang berlokasi di Desa Agro Mulyo, Sepaku, yang juga masuk dalam wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, memiliki target penyelesaian pada akhir tahun 2023.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan hal ini saat melakukan peninjauan terhadap progres penanganan Inpres Jalan Daerah (IJD), Sabtu (23/09/2023).

Jalan ini akan berfungsi sebagai jalur produksi dan akses utama menuju tempat wisata.

Presiden mengatakan bahwa jalan ini akan menjadi bagian penting dalam mendukung IKN sebagai pusat produksi dan akses menuju Gua Baru Tapak Raja.

"Jalan ini akan menjadi tulang punggung bagi IKN sebagai pusat produksi dan juga sebagai akses menuju Gua Baru Tapak Raja yang terletak di ujungnya," ujarnya.

Jalan ini akan menjadi akses menuju wisata Gua Batu Tapak Raja dan merupakan bagian dari proyek jalan IJD yang memiliki alokasi anggaran nasional sebesar Rp14,6 triliun untuk memperbaiki dan membangun 2.800 kilometer jalan.

Presiden juga menekankan pentingnya fokus pada perbaikan dan pembangunan jalan produksi di seluruh daerah.

"Khususnya, jalan-jalan seperti ini yang digunakan untuk transportasi kelapa sawit dan karet," tambahnya.

Presiden Jokowi berharap penanganan proyek IJD di Desa Agro Mulyo dapat selesai sesuai target pada akhir tahun 2023.

"Kami berharap agar proyek penanganan IJD di Desa Agro Mulyo dapat selesai pada akhir tahun ini. Jalan ini sangat diperlukan karena memiliki dampak ekonomi yang signifikan, terutama sebagai jalur produksi untuk kelapa sawit, karet dan sektor lainnya," tegasnya.

Sebagai informasi tambahan, proyek penanganan IJD yang menjadi akses ke wisata Gua Batu Tapak Raja ini memiliki biaya sekitar Rp34,09 miliar untuk segmen satu dengan panjang jalan penanganan sekitar 4,8 kilometer.

Sedangkan untuk segmen dua, biaya penanganan jalan tersebut mencapai sekitar Rp33,27 miliar dengan panjang jalan penanganan sekitar 3,5 kilometer. (hend/pt)