Berita

Akmal Malik Resmikan Gedung Kantor Permanen Pemkab Mahulu

  •   Khajjar Rohmah
  •   26 Januari 2024
  •   3:09pm
  •   Berita
  •   375 kali dilihat

Ujoh Bilang - Komplek Gedung Perkantoran Permanen dan Semi Permanen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam Ulu (Mahulu) akhirnya diresmikan. Peresmian tersebut dihadiri langsung oleh Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik.

Komplek Gedung Baru Pemkab Mahulu, terdiri dari Kantor Bupati Mahakam Ulu, Sekretariat DPRD Mahulu, Kantor Badan Perencanaaan Pembangunan Peneliatian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda), serta gedung perkantoran semi permanen.

Sebelum seremoni peresmian, juga telah dilakukan Doa Pemberkatan yang dipimpin oleh Uskup Agung Keuskupan Samarinda, Yustinus Harjosusanto.

"Kami merasa bahagia atas peresmian Kantor Bupati dan enam kantor semi permanen. Akhinya, Pemkab bisa memiliki gedung yang representatif," kata Akmal Malik dalam sambutannya di Ballroom Lantai Dasar Kantor Bupati Mahakam Ulu, Jumat (26/1/2024) pagi.

Setelah berdirinya fasilitas fisik gedung layanan pemerintahan, Akmal berharap pembangunan infrastruktur lainnya juga bisa segera menyusul. Terutama akses jalan aspal menuju lokasi Komplek Perkantoran Permanen Pemkab Mahulu yang baru selesai dibangun.

Di tempat yang sama, Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh berharap, dengan hadirnya gedung baru Pemkab Mahakam Ulu, layanan publik kepada masyarakat serta penyelenggaraan pemerintahan dapat semakin optimal.

"Kami sadar, capaian kinerja masih sedikit jika dibandingkan dengan kebutuhan yang begitu banyak. Kebutuhan infrastruktur pemerintah, jalan, lingkungan, semua masih belum cukup dan perlu pembangunan. Jadi kami berharap, ada bantuan dari pemerintah provinsi yang diarahkan ke sini. Bukan buat saya, tapi biar kalau datang ke Mahulu sini, biar nyaman." Kata Bupati Mahulu di hadapan Pj Gubernur Kaltim.

Proyek pembangunan Gedung Perkantoran Permanen dan Semi Permanen Pemkab Mahulu sendiri telah dimulai sejak 2019. Dengan skema Multy Years Contrac (MYC). Alokasi anggaran menggunakan dana APBD Mahulu senilai Rp 412,6 miliar.

Total kawasan yang akan digunakan sebagai komplek perkantoran seluas 950 hektare (ha). Namun baru 20 ha yang telah terbuka. Perkantoran yang diresmikan ada tiga kantor yakni Kantor Bupati, Bappeda, dan Sekretariat DPRD Mahulu.

Penandatanganan prasati peresmian dilakukan oleh Pj Gubernur Akmal Malik didampingi oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Uskup Agung Keuskupan Samarinda, Yustinus Harjosusanto, Bupati, Wakil Bupati serta jajaran peemerintah Kabupaten Mahulu.

Acara tersebut juga dirangkai dengan penyerahan bantuan dari Pemprov Kaltim berupa alat Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) sebannyak 55 titik di Jalan Poros Long Hubung - Datah Bilang dengan total alokasi senilai Rp 1,4 miliar. Serta penyerahan pembangunan PLTS terpusat di Desa Matalibaq Kecamatan Long Hubung senilai Rp 15,2 miliar. (KRV/pt)