Berita

Akan berakhir, Seleksi Komisioner KPID Mulai Dipersiapkan

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   14 Juni 2021
  •   3:38pm
  •   Berita
  •   349 kali dilihat

SAMARINDA— Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim mulai melakukan persiapan terkait seleksi Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kaltim yang akan berakhir masa tugasnya pada Januari 2022 mendatang.

Persiapan tersebut dibahas melalui Rapat Dengar Pendapat bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim di Ruang Rapat lantai 3 Gedung D, Senin (14/6/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Komisi I,  Jahidin menuturkan sesuai dengan aturan yang ada, enam bulan sebelum masa jabatan habis sudah harus dilakukan seleksi. Karenanya, kesempatan ini merupakan waktu yang tepat untuk persiapannya.

“Sebagai langkah awal pertemuan ini hanya upaya berbagi pendapat dan juga membahas mekanisme soal perekrutan untuk pergantian Komisioner. Mekanismenya jelas, nanti kita akan persiapkan dengan baik mengenai seleksi Komisioner KPID,” tuturnya.

Dijelaskan Jahidin, Komisi I DPRD memiliki kewenangan untuk terlibat dalam semua tahapan seleksi. Mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, tes tertulis, fit and proper test hingga uji publik.

“Kita Komisi I punya wewenang untuk seleksi dari awal hingga akhir penetapan. Nantinya, dalam proses juga melibatkan unsur akademisi, pemerintah, tokoh masyarakat dan profesional dibidangnya,” ucapnya.

Jahidin menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan berkunjung ke Makassar dalam rangka belajar dan melihat pelaksanaan rekrutmen Komisioner KPID yang terlebih dahulu dilakukan.

“Insya Allah Rabu ini kita akan ke Makassar. Disana baru selesai melaksanakan dan kita akan mengadopsi cara dan ilmunya. Soal rekrutmen, persyaratan, tempat pelaksanaan, itu nanti akan kita bahas sepulang dari Makassar,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal mengungkapkan akan mendukung penuh peran Komisi I untuk mempersiapkan seleksi Komisioner KPID. Sebab menurutnya, peran KPID sangat penting dalam mengawasi konten lembaga penyiaran di daerah terlebih saat ini Kaltim sedang proses migrasi menuju Analog Switch Off (ASO).

“Kami Diskominfo sebagai perwakilan dari Pemerintah siap, jika dilibatkan untuk proses seleksi Komisioner KPID. Semoga kedepan KPID mendapat perhatian lebih karena perannya sangat penting di daerah untuk monitoring kegiatan,” kata Faisal. (cht/pt)