Berita

Acara Membatik Terpanjang akan Ramaikan Hari Batik Nasional 2022

  •   Khajjar Rohmah
  •   26 September 2022
  •   7:53pm
  •   Berita
  •   1132 kali dilihat

Samarinda – Acara membatik terpanjang akan meramaikan peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2022 mendatang. Agenda membatik ini, diinisiasi oleh SMA Islam milik Yayasan Pendidikan Islam Kalimantan Timur (Kaltim).

Penanggung Jawab Event Membatik Terpanjang se Kaltim, Suko Wibowo mengatakan, kain sepanjang 54 meter telah disiapkan untuk event khusus ini. Tak kurang dari 300 orang nantinya akan berpartisipasi dalam proses membatik. Mulai dari menggambar motif, mencanting, hingga mewarnai.

“Ini bisa dibilang yang pertama kalinya digelar di Kaltim ya! Bentuk pelestarian budaya membatik. Motif batiknya pun akan kita buat yang khas Kalimantan,” Suko Wibowo begitu semangat saat menyampaikan rencana kegiatan membatik terpanjang ini, saat kunjungannya ke Kantor Diskominfo Kaltim, Senin (26/9/2022).

Kunjungan tersebut diterima Kepala Bidang IKP dan Kehumasan, Irene Yuriantini.

Motif batik khas Kalimantan yang akan digambar dalam proses membatik, di antaranya seperti motif anggrek hitam, pesut, tameng, batang garing, mandau, dan masih banyak lagi.

Agenda membatik ini, kata Suko juga menjadi implementasi penerapan kurikulum merdeka dalam project kewirausahaan. Karena batik menjadi salah satu produk ekonomi kreatif (ekraf) yang bisa dikembangkan oleh UMKM.

Lanjut ia menerangkan, kegiatan membatik terpanjang ini juga bekerja sama dengan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Atiqna, Samarinda.

Para tamu undangan dan pejabat daerah dijadwalkan hadir untuk menyemarakkan acara yang mengisi peringatan Hari Batik Nasional tahun ini.

Kepala Bidang Informasi, Komunikasi Publik, dan Kehumasan Diskominfo Kaltim, Irene Yuriantini siap mendukung dan membantu suksesnya acara membatik terpanjang. Bentuk dukungan yang diberikan, berupa publikasi dan dokumentasi peliputan acara, serta penyediaan flyer dan baliho.

“Ini event besar dan menarik. Semoga acara bisa terselenggara dengan sukses,” pungkasnya. (KRV/pt)