Berita

80 Personel Nakes Siaga untuk Upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN)

  •   Ceppy
  •   10 Juli 2024
  •   5:18pm
  •   Berita
  •   288 kali dilihat

Balikpapan – Sebanyak 80 personel tenaga kesehatan disiagakan untuk pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan digelar pada 17 Agustus 2024 mendatang di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Timur, dr. Jaya Mualimin, Rabu (10/07/2024).

Dr. Jaya menerangkan bahwa para personel tersebut akan mulai bertugas dari 10 hingga 18 Agustus 2024 dan terbagi dalam 10 regu tenaga kesehatan. Pada 10 Agustus 2024, puluhan personel tersebut akan dikerahkan untuk kirab Bendera Pusaka Merah Putih dari Kota Balikpapan menuju Ibu Kota Nusantara.

"Kami siagakan 80 personel, terdiri atas dokter spesialis, dokter umum, perawat, dan tenaga kesehatan lain termasuk supir ambulans, untuk acara kenegaraan di Ibu Kota Nusantara (IKN) ," ungkapnya.

Pada 15 Agustus 2024 mendatang, para tenaga kesehatan akan bertugas penuh untuk upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 dan kembali ke instansi masing-masing sehari setelahnya.

Sebanyak 80 personel yang diterjunkan berasal dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo, Rumah Sakit dr. R. Hardjanto atau Rumah Sakit Tentara (RST) dan Rumah Sakit Siloam Kota Balikpapan, serta sejumlah puskesmas di kawasan Ibu Kota Nusantara.

Tim tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur akan dibantu pula oleh tenaga kesehatan dari Komando Daerah Militer (Kodam) VI Mulawarman yang bertugas pada 10 pos kesehatan yang tersebar di 10 titik wilayah Kota Nusantara (IKN).

“Rumah sakit juga didirikan di lapangan selama rangkaian acara kenegaraan di Kota Nusantara dengan kapasitas 140 tempat tidur,” tambahnya.

Hingga menjelang pelaksanaan HUT ke-79 RI tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan terkait petunjuk teknis pelaksanaan tugas tenaga kesehatan selama acara kenegaraan ini. (cpt/pt)

Sumber: Media Mitra Diskominfo Kaltim