Berita

76 Tahun Kemerdekaan, Kaltim Tangguh Indonesia Tumbuh

  •   Primayudha
  •   16 Agustus 2021
  •   10:41pm
  •   Berita
  •   477 kali dilihat

Samarinda - Dialog Publika dengan Tema "76 Tahun Kemerdekaan, Kaltim Tangguh Indonesia Tumbuh" menghadirkan Nara sumber Asisten pemerintah dan Kesra Setda Prov. Kaltim Moh.Jauhar Efendi,  Pengamat sosial sekaligus Akademisi Fisip Unmul M.Arifin melalui aplikasi video call, dan Kepala Dinas Kominfo Kaltim Muhammad Faisal live dari Studio TVRI Kaltim, Senin (16/8).

Dalam kesempatannya Jauhar menyampaikan bagaimana wabah pandemi telah merubah skenario dan pola pikir di Indonesia khususnya di Kalimantan Timur.

"Wabah pandemi di Indonesia, terkhusus di Kalimantan Timur telah merubah skenario dan menciptakan pola pikir baru dengan menyesuaikan kondisi lapangan.  Pelayanan sebelum pandemi yang biasanya dilakukan secara tatap muka, maka dimasa pandemi dilakukan secara online," kata Jauhar.

Kemudian terkait pelayanan yang dilakukan secara online tersebut, Muhammad Faisal juga menanggapi bahwa Dinas Kominfo Kaltim telah mengupayakan dalam akses maupun literasi digital serta diseminasi informasi khususnya dalam menyemarakkan HUT ke-76 Republik Indonesia.

"Kami telah maksimal mengupayakan terkait literasi digital khususnya diera pandemi ini, dan juga diseminasi informasi khususnya dalam mensosialisasikan perayaan HUT ke-76 Republik Indonesia.  Selain itu, terkait akses jaringan internet dalam mendukung  pelayanan yang dilakukan secara online sudah aman, jaringan internet telah terhubung di kecamatan se-Kalimantan Timur, namun 15% di beberapa desa belum terjangkau internet," jelas Faisal.

"Daerah blankspot tersisa16% di Kaltim, untuk Kota Balikpapan, Samarinda, dan Bontang aman dari blankspot. Kementerian Kominfo pun telah menargetkan Tahun 2022 Indonesia bebas blankspot," imbuhnya.

Terkait literasi digital, Arifin selaku pengamat sosial sekaligus akademisi juga mengomentari hal tersebut khususnya pada perayaan HUT RI  dimasa pandemi sekarang.

"Selama dua tahun belakangan ini pandemi telah membatasi ruang kreatifitas masyarakat dalam memeriahkan HUT RI.  Tetapi hal positif yang didapat adalah kreatifitas di dunia maya secara virtual tidak terbatas. Terkait ruang digitalisasi dalam proses pembelajaran harus tetap didampingi orang tua agar tidak disalahgunakan bagi anak2 yang sedang belajar," kata Arifin.

Dalam perayaan HUT ke-76 Republik Indonesia dengan tema "Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh" artinya bagaimana kita tetap menyemarakan dan mengejewantahkan hari kemerdekaan dimasa pandemi, karena dibalik tema tersebut tersirat bahwa Indonesia harus tetap tangguh menghadapi tantangan dan Idonesia harus tetap tumbuh menjadi bangsa yang besar. (msadg/as)