Berita

75 Peserta Bertarung Di PTQ

  •   prabawati
  •   13 April 2021
  •   3:43pm
  •   Berita
  •   253 kali dilihat

SAMARINDA -  Sebanyak 75 peserta bertarung di Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) ke 51 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021.

Perhelatan PTQ resmi dibuka Kepala LPP RRI Samarinda, Rahma Juwita secara virtual menggunakan aplikasi zoom meeting, Selasa (13/4).

Rahma mengungkapkan PTQ merupakan wujud peran RRI dalam syiar agama islam dibulan suci ramadhan.

"Walaupun dilaksanakan secara virtual namun tidak mengurangi esensi dan hikmatnya kegiatan PTQ ke 51," pintanya.

Selain itu, PTQ bertujuan untuk pembinaan dalam memahami nilai-nilai Al-Quran yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Lanjutnya, peserta terbaik dari tilawah, tausiah dan tahfidz Qur’an akan mewakili Kaltim ke tingkat nasional yaitu di Palembang pada Sumatera Selatan pada 2-5 Mei 2021.

Menurutnya, PTQ dilaksanakan diseluruh Satuan Kerja (Saker) RRI se Indonesia tepat di hari ini. Seyogyanya dilaksanakan ditahun 2020, tetapi karena pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia maka ditunda Tahun 2021 ini, beber Rahma Juwita.

"Biarpun dilaksanakan di tengah pandemi tetapi kita mengedepankan protokol kesehatan," tegasnya.

Sementara, Ketua Panitia Rahayu Kriswandini menjelaskan Penyelanggaran PTQ RRI diikuti 75 peserta berasal dari berbagaI daerah di Kaltim yakni 53 peserta pria dan 22 peserta wanita.

Terbagi pada  beberapa kategori Tilawah 39 peserta, Tausiah 18 peserta dan Tahfidz Qur’an 18 peserta.

PTQ jelasnya, merupakan even tahunan LPP RRI sebagai wujud peran radio berkontribusi dalam syiar agama islam, terutama dibulan suci ramadhan dan memberi wadah pembinaan mental spiritual bagi umat muslim dalam memahami Al-Quran. (Prb/pt)