Berita

2.500 Tenaga Penanganan Pengendalian Karhutla Kaltim Sudah Disiapkan

  •   resa septy
  •   22 Februari 2021
  •   9:10am
  •   Berita
  •   209 kali dilihat

SAMARINDA - Gubernur Kaltim, Isran Noor menuturkan bahwa semua hal yang buruk harus dicegah termasuk soal kebakaran hutan dan lahan.

Hal ini disampaikannya usai menghadiri Rapat Koordinasi Khusus Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan secara virtual, di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur, Senin (22/02/2021).

Sesuai arahan Presiden RI, dalam penanganan Karhutla ialah menjadikan pencegahan sebagai suatu hal yang harus diprioritaskan.
 
“Itu sudah memang rumusnya dan beliau (Presiden RI) selalu menekankan itu. Peraturan-peraturannya itu sudah diingatkan beliau,” ucap Isran.

Terkait upaya dalam pencegahannya, Pemprov Kaltim seperti yang disampaikan Isran sudah mengambil langkah.

“Kita sudah siap melakukan persiapan-persiapan, koordinasi dan melakukan pemantauan. Bahkan  peralatan kita juga sudah,” bebernya.

Diketahui, terdapat 2.500 tenaga yang sudah disiapkan Pemprov Kaltim dalam penanganan pengendalian Karhutla khususnya di Benua Etam (Kaltim) yakni terdiri dari tenaga Polri, Militer, Kehutanan,BPBD, Relawan, Manggala Agni dan Peduli Api, ungkapnya.

Lebih lanjut Isran mengungkapkan ada beberapa titik- titik wilayah yang menjadi konsentrasi  Kaltim, diantaranya Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat khususnya Kabupaten Mahulu dan Kabupaten Berau. (resa/pt)