Berita

25 Ribu Ton Lidi Nipah dan Sawit Produksi BUMDes Siap Ekspor Perdana

  •   prabawati
  •   11 Oktober 2021
  •   4:28pm
  •   Berita
  •   1123 kali dilihat

Samarinda - Sebanyak 25 ribu ton lidi nipah dan lidi kelapa sawit siap diekspor perdana di momentum peluncuran event penguatan ekonomi nasional Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kaltim 2021 secara virtual melalui pemutaran video proses ekspor di Pelabuhan Peti kemas Palaran, 12 Oktober 2021.

Lidi nipah dan lidi kelapa sawit merupakan produksi empat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kaltim segera siap diekspor ke Kanada.

"Total lidi nipah dan lidi kelapa sawit yang siap diekspor ke Kanada di tahap awal ini sekitar 25 ton. Ekspor komoditi ini akan terus berlanjut secara berkala, bahkan ke depan pasarnya akan dikembangkan hingga ke India dan Bangladesh," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin belum lama ini.

Ekspor lidi dari nipah dan kelapa sawit ke Kanada tersebut diharap menjadi langkah awal memacu ekonomi desa.

Selain itu, pelaksaan melibatkan masyarakat desa yang dikoordinir BUMDes melakukan kegiatan ekonomi di desa.

Masyarakat perajin menjual lidi nipah dan lidi kelapa sawit yang sudah dikeringkan ke BUMDes dengan harga di kisaran Rp 2 ribu. Kemudian BUMDes mengumpulkan dan disetor ke eksportir yang sudah melakukan perjanjian kerja sama.

Keempat BUMDes yang terlibat semuanya berada di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, yakni BUMDes Bina Mandiri di Desa Muara Badak Ulu, BUMDes Karya Prima di Desa Salo Palai, BUMDes Maranu di Desa Batu-Batu, dan BUMDes Mekar Sejati di Desa Saliki.

Eksportir yang sudah melakukan perjanjian dengan empat BUMDes tersebut adalah CV Masagenah Group.

Untuk diketahui proses pembuatan video ekspor perdana telah dilakukan, di Pelabuhan Peti kemas Palaran, pada 9 Oktober 2021.(Prb/ty).