Berita

2 KIM Asal Kalimantan Timur Juarai Kompetisi Konten Platform KIM.id se-Indonesia

  •   Ceppy
  •   8 Juli 2024
  •   8:16pm
  •   Berita
  •   227 kali dilihat

Samarinda – Kabar gembira untuk masyarakat Kalimantan Timur, khususnya para penggiat Komunitas Informasi Masyarakat (KIM). Pasalnya, 2 KIM asal Kaltim berhasil unggul pada kompetisi pembuatan konten, yang diadakan dalam rangka Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Digital Kemitraan bagi KIM yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

 KIM Jahetan Layar Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) meraih prestasi Juara 1 pada kompetisi pembuatan Konten Platform Website KIM.id se-Indonesia, yang baru-baru ini diadakan. Kompetisi pembuatan konten platform KIM.id yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia tersebut berlangsung dari tanggal 25 hingga 28 Juni 2024 di Kota Kendari  Provinsi Sulawesi Tenggara, secara hybrid beberapa waktu lalu.

 Kompetisi tersebut diselenggarakan sebagai upaya aktivasi KIM di Kabupaten dan Kota di Indonesia agar aktif memberikan informasi kepada Pemerintah dan masyarakat. Ketua KIM Jahetan Layar Anggana Sanubari atau lebih akrab dipanggil Syam mengatakan keberhasilan mereka dalam kompetisi tersebut tidak terlepas dari dukungan serta kerja keras semua anggota KIM.

 "Ini merupakan kebanggaan bagi kami, selama ini baru pertama kali kami mengikuti lomba yang diselenggarakan Kemenkominfo RI dan yang pertama kali pula kami dianugerahi penghargaan Terbaik Bidang Pembuatan Konten Platform KIM.id," katanya saat dihubungi tim Diskominfo.

 Dia menambahkan, bahwa prestasi ini akan menjadi dorongan besar bagi mereka untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan dalam memberikan informasi yang berguna bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

 "Semoga KIM Kukar bisa terus aktif dan berkontribusi dalam kemajuan informasi dan media. Semoga keberadaan KIM bisa dirasakan manfaatnya secara luas oleh Pemerintah dan masyarakat Kukar," harapnya.

 Selain KIM Jahetan Layar, Kim Mangun Karya, Panajam Pasir Utara, Kalimantan Timur juga berhasil masuk dalam jajaran KIM yang berhasil mengemas dengan apik konten untuk platform KIM.id. Adapaun, hasil kompetisi tersebut diumumkan oleh Kemenkominfo RI pada hari Selasa, 2 Juli 2024. KIM yang berhasil menjadi juara adalah :

 

  1. Kim Jahetan Layar, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
  1. Kim Ponggiha Madani Agriculture, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara
  1. Kim Kata Kita, Kendari , Sulawesi Tenggara
  1. Kim Mangun Karya, Panajam Pasir Utara, Kalimantan Timur
  1. Kim Puncak Sanisani, Kolaka, Sulawesi Tenggara

 

Kehadiran KIM sebagai mitra strategis pemerintah dalam menyediakan informasi yang akurat dan tepat sasaran semakin vital dalam era digital ini. Semoga melalui kompetisi seperti ini, semakin banyak KIM yang terlibat aktif dan mampu memberikan kontribusi positif dalam memajukan pelayanan informasi kepada masyarakat Indonesia. Dukungan penuh kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung keberhasilan kompetisi ini, serta semoga sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan KIM terus diperkuat untuk mencapai kemajuan yang lebih baik di masa depan. (cpy/pt)