Bencana

Sebanyak 17 Titik Panas (Hotspot) Terdeteksi yang Tersebar di Provinsi Kaltim

  •   Hendra Saputra
  •   6 Juni 2022
  •   5:26pm
  •   Bencana
  •   117 kali dilihat
  •  

Samarinda - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balikpapan kembali mendeteksi adanya 17 titik panas (hotspot) yang tersebar di Provinsi Kalimantan Timur.

Ke 17 hotspot yang terdeteksi tersebar di empat kabupaten, yakni Kabupaten Kutai Timur terdapat 7 titik, Kutai Kartanegara ada 6 titik, Berau 3 titik, dan Kabupaten Kutai Barat ada 1 titik panas.

Sehari sebelumnya terdeteksi 45 hotspot yang tersebar pada lima kabupaten di Kaltim dan langsung diinformasikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, sehingga titik panas tersebut sudah hilang. Sedangkan, 17 hotspot yang masih terdeteksi merupakan hotspot di titik berbeda meski ada yang pada kabupaten dan kecamatan yang sama.

Operator Pusdalops (Pusat Pengendalian Operasi) BPBD Prov Kaltim, Ary saat dikonfirmasi  juga menyampaikan untuk deteksi titik panas hotspot berdasarkan informasi dari BMKG ataupun berdasarkan pemantauan melalui Satelit Terra & Aqua (sensor modis medium-high), Satelit NOAA 19 & 20, Satelit SNPP dan Satelit Landsat 8 terpantau 17 titik panas.

“Pada saat terdeteksi langsung melanjutkan laporan dengan memberi imbauan maupun informasi kepada Pusdalops BPBD Kab/Kota guna melakukan pemantauan/groundcheking ke tempat titik koordinat yg terdeteksi,”tuturnya.

Kemudian, mengenai imbauan kepada masyarakat kami mengajak masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Dengan menyebarkan imbauan tersebut melalui siaran radio siaga bencana melalui siaran radio seperti RRI Pro 1 Samarinda yang disampaikan setiap hari pukul 08.30 wita, beber Ary. (hend/pt)