Bencana

Rakor BPBD Kaltim Usung Tema Pengurangan Risiko Bencana Untuk Mendukung IKN

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   15 Juni 2022
  •   11:34pm
  •   Bencana
  •   135 kali dilihat
  •  

 

Balikpapan - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov Kaltim menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Penanggulangan Bencana se-Kaltim tahun 2022.

Rakor yang  mengusung tema Pengurangan Risiko Bencana Untuk Mendukung Ibu Kota Negara dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada 15-16 Juni 2022. Pada malam diawali Welcome Dinner ini dihadiri BPBD Kab/Kota se-Kaltim serta Kepala Perangkat Daerah lingkup Prov Kaltim. Bertempat di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Rabu malam (15/6/2022).

Rakorda yang seharusnya dilaksanakan tahun ini di Kabupaten Kutai Barat, harus pindah pelaksanaanya di Kota Balikpapan. Meski demikian, Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat Ayonius menuturkan meskipun berpindah tempat, namun  pada Rakor ini sudah saatnya Kab/Kota untuk saling sharing dalam hal penanggulangan bencana.

“Semoga tidak mengurangi keseriusan kita dalam Rakor kali ini meskipun berpindah lokasi. Tentu saja, Rakor ini diharapkan bisa memberikan gambaran kegiatan, strategi dan pengembangan kegiatan secara Nasional. Termasuk sinkronisasi, sinergitas dan kesepakatan program kegiatan tahun 2022,” tuturnya saat memberikan sambutan pada awal kegiatan.

Ayonius menjelaskan berdasarkan data dari BPBD Kab Kutai Barat, berbagai bencana yang terjadi. Meliputi kebakaran pemukiman, kebakaran Lahan dan banjir yang mengakibatkan di beberapa titik di Kab. Kutai Barat.

“Sesuai dengan tema yang kita usung pengurangan resiko mendukung IKN, sinkronisasi antar Provinsi dan Kab/Kota harus ada. Agar bisa saling menjadi dan menemukan satu penyelesaian bersama. Mengingat pentingnya output Raker ini, saya harap dapat memanfaatkan forum ini dengan sebaik-baiknya,” harap Sekda Kubar ini. (cht/pt)