Bencana

Pentingnya Peran Keluarga Dalam Mencegah Kebakaran

  •   prabawati
  •   15 Maret 2024
  •   2:16pm
  •   Bencana
  •   282 kali dilihat

Samarinda - Peran keluarga dalam mencegah kebakaran sangat penting, karena mereka merupakan unit pertama dalam mencegah tragedi yang mengancam jiwa dan harta benda.

Melalui langkah-langkah preventif dan pemahaman yang mendalam tentang tindakan darurat, keluarga dapat memainkan peran penting dalam menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal mereka.

Keluarga memiliki tanggung jawab untuk memberikan edukasi kepada anggota keluarga, khususnya anak-anak, tentang cara menghindari penyebab kebakaran.

"Orang tua didorong untuk memberikan pemahaman kepada keluarga bahwa kebakaran bisa terjadi kapan saja,"ucap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda, Hendra AH saat menjadi pembicara pada dialog waspada potensi kebakaran kala ramadhan, Jum'at (15/3).

Langkah-langkah praktis seperti mematikan perangkat elektronik saat meninggalkan rumah, memeriksa kebocoran gas, dan mematikan listrik yang tidak terpakai, menjadi langkah awal yang penting.

Selain itu, setiap rumah diharapkan dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran ringan untuk pencegahan dini.

Damkar juga terus melakukan sosialisasi melalui program pemerintah kota dan menerima permintaan pelatihan dari masyarakat.

Lanjutnya, relawan Samarinda menjadi ujung tombak dalam menyampaikan informasi dan memberikan bantuan yang luar biasa dalam penanggulangan kebakaran.

Dia pun meminta masyarakat tidak membuat berita hoax kebakaran, karena disamping merugikan Pemerintah dan Dinas Pemadam Kebakaran, tetapi juga menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat.

Hendra berharap di bulan Ramadhan
tidak terjadi kebakaran yang dapat merugikan siapapun dengan kesadaran dan kerjasama bersama, kebakaran dapat dicegah. (Prb/ty).