Bencana

Masyarakat Diminta Waspada Kebakaran Akibat Kemarau

  •   prabawati
  •   8 Agustus 2023
  •   8:55am
  •   Bencana
  •   685 kali dilihat

Samarinda - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Kota Samarinda, Hendra AH mengimbau masyarakat untuk mewaspadai terjadinya kebakaran akibat pengaruh cuaca kemarau yang kering akibat dari EL Nino.

 "Kami mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap bencana kebakaran,"pintanya pada dialog kemarau waspadai musibah kebakaran, Selasa (8/8).

 Menurut Hendra kebakaran terjadi terbanyak di pertengang bulan Juli. 50 persen lebih Penyebabnya kebakaran adalah kebakaran Korsleting listrik dan kelalaian manusia.

 Dia juga menyebutkan berdasarkan data tahun ke tahun musibah kebakaran cenderung menurun, tercatat ditahun 2020 ada 282 kasus kebakaran, 2021 ada 240 kasus kebakaran, 2022 ada  227 kasus kebakaran dan 2023 terjadi 95 kasus kebakaran.

 Sambungnya, kebakran itu 95 persen akibat kelalain manusia. Oleh karena itu, upaya masyarakat dalam mencegah kebakaran sangat diperlukan.

 "Tidak hanya waspada EL Nino saja, tapi bagaimana upaya kita mencegah terjadinya kebakaran,"pintanya.

 Selain itu, penting juga bagi masyarakat untuk melakukan pencegahan kebakaran dengan memastikan jaringan listrik tidak bermasalah, memeriksa kapasitas kompor gas secara berkala, dan tidak meninggalkan kompor saat sedang memasak.

Dia juga meminta setiap rumah memiliki Alat Pemadam Api Ringan (Apar) di rumah agar dapat membantu memadamkan api dengan cepat jika terjadi kebakaran dini.

 "Masyarakat harus tetap waspada dan tidak lengah dalam menghadapi potensi kebakaran,"tegasnya (Prb/ty)