Beasiswa

Komitmen pada Pendidikan, Gubernur Alokasikan Beasiswa Kaltim 2023 Sebesar Rp 375 Miliar

  •   Khajjar Rohmah
  •   27 Februari 2023
  •   11:16am
  •   Beasiswa
  •   789 kali dilihat

Samarinda - Alokasi anggaran Beasiswa Kaltim kembali ditambah tahun ini. Nominalnya, mencapai Rp 375 miliar. Hal itu membuktikan komitmen Gubernur Kaltim, Isran Noor pada bidang pendidikan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Tahun pertama penyaluaran Beasiswa Kaltim pada tahun 2019, pemerintah provinsi menyiapkan anggaran sebesar Rp 150 miliar hingga Rp 166 miliar. Alokasi tersebut berjalan hingga dua tahun berikutnya.

Baru pada 2022, alokasi beasiswa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim meningkat dua kali lipat menjadi Rp 304 miliar.

Tahun 2023 ini, tak berkurang dari angka itu, justru kembali ditambah signifikan, anggaran Beasiswa Kaltim dialokasikan sebesar Rp 375 miliar dari APBD Murni Tahun Anggaran 2023. Masih ada kemungkinan, alokasi ini ditambah lagi pada APBD Perubahan.

Perhatian Isran Noor pada bidang pendidikan memang cukup besar. Ia memastikan, seluruh putra-putri daerah harus menerima fasilitas pendidikan yang memadai.

“Masyarakat dan anak-anak kita harus mendapatkan dukungan yang kuat dalam hal penyelesaian studi mereka. Baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Yang paling banyak itu Unmul yang dapat, wajar saja karena masa tuan rumah dapat sedikit,” jelas Isran menyebut soal penerima beasiswa.

Program Beasiswa Kaltim yang disalurkan sebagai bantuan biaya pendidikan ini juga tidak hanya menyasar kelompok pelajar dan mahasiswa. Namun, juga diperuntukkan bagi tenaga pendidik seperti guru dan dosen yang menempuh studi magister (S2) dan doktor (S3).

"Iya, guru dan dosen masuk prioritas kita. Syaratnya harus ber-KTP di sini (Kaltim)," tegas Wagub Hadi.

Tenaga pendidik ini, perlu diprioritaskan. Sebab menurut Hadi, membangun dan mengembangkan SDM berkualitas perlu peran guru dan dosen. Merekalah yang mendidik serta meningkatkan kualitas, kapasitas dan kompetensi para pelajar dan mahasiswa.

Terpisah, Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal turut mengapresiasi penyaluran Beasiswa Kaltim. Ia menilai, pemberian beasiswa ini menjadi bukti nyata bahwa Pemerintah Provinsi memiliki kepedulian besar pada masyarakat. Terutama dalam konteks pendidikan.

"Artinya Pemprov memikirkan dengan serius untuk mempersiapkan generasi penerusnya dengan program berkelanjutan yang konsisten. Pengembangan dan peningkatan kualitas SDM memang jadi program prioritas Isran-Hadi," pungkasnya. (KRV/pt)