Beasiswa

Jadi Program Sukses, Beasiswa Kaltim Terima Outstanding Award for Integrated Initiative di Indonesia Awards 2023

  •   Khajjar Rohmah
  •   3 September 2023
  •   1:28pm
  •   Beasiswa
  •   732 kali dilihat

Jakarta - Kesuksesan penyelenggaraan Program Beasiswa Kalimantan Timur (BKT) tidak hanya dirasakan oleh masyarakat kelompok pelajar dan mahasiswa di daerah sebagai penerima manfaat. Namun juga dinilai sukses oleh berbagai pihak.

Keberhasilan ini telah membawa Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) sebagai pelaksana program, meraih penghargaan Indonesia Awards 2023 dalam kategori "Outstanding Award for Integrated Initiative" atas Inisiatif Beasiswa Kaltim.

Penghargaan bergengsi ini diberikan sebagai pengakuan atas keberhasilan Program Beasiswa Kaltim yang telah berjalan sejak tahun 2019 dan masih terus berlanjut hingga saat ini.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, yang diwakili oleh Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal, pada acara Indonesia Awards 2023 yang berlangsung di Jakarta Concert Hall iNews Tower, Jakarta, Kamis (31/8/2023) malam.

Menurut data dari Badan Pengelola Beasiswa, diketahui jumlah peserta yang telah menerima beasiswa mencapai 176.653 orang dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga S3. Diperkirakan jumlah penerima beasiswa akan terus bertambah hingga mencapai lebih dari 200 ribu peserta.

“Sementara ini jumlahnya seperti itu. Jumlah ini tidak mungkin berkurang, pasti akan bertambah hingga akhir tahun,” kata Gubernur Isran Noor dalam sebuah kesempatan.

Adapun jumlah dana yang sudah diberikan sampai saat ini mencapai Rp1,1 triliun. Angka tersebut, menurut Gubernur Isran Noor akan terus bertambah pada APBD Perubahan 2023. Pemprov Kaltim pun berencana akan kembali mengalokasikan anggaran untuk program Beasiswa Kaltim sekitar Rp125 miliar.

“Program beasiswa adalah investasi jangka panjang. Kita harus menyiapkan aset masa depan untuk Kalimantan Timur dan Indonesia,” tuturnya.

Program beasiswa ini dilatarbelakangi dengan salah satu misi Kalimantan Timur Berdaulat 2023, yaitu mewujudkan kualitas SDM Kaltim yang mandiri, berdaya saing dan berakhlak mulia. Karena itulah, Beasiswa Kaltim Tuntas hadir sebagai inovasi untuk membantu generasi muda Kaltim dalam mengenyam pendidikan hingga selesai.

Program Beasiswa Kaltim mencakup semua jenjang pendidikan dan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Kaltim Tuntas Mahasiswa, Kaltim Stimulan Mahasiswa dan Kaltim Tuntas Siswa. Perbedaan utamanya terletak pada sasaran penerima beasiswaa. Di mana program Kaltim Tuntas Mahasiswa ditujukan untuk mahasiswa S1 dengan jumlah dana yang diberikan hingga tuntas masa perkuliahan sekitar Rp30 juta per mahasiswa.

Sementara, program Kaltim Stimulan Mahasiswa memiliki sasaran para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S2 dan S3, termasuk di antaranya yang sedang berkuliah di luar negeri.

Sedangkan, program Kaltim Tuntas Siswa diperuntukan kepada para pelajar dari SD hingga SMA dengan nilai beasiswa Rp1,5 juta untuk siswa SD, Rp2 juta bagi siswa SMP, dan Rp2,5 juta untuk pelajar SMA/SMK.

Teknis proses pendaftaran Program Beasiswa Kaltim Tuntas sangat mudah dilakukan. Peserta mahasiswa dapat mendaftar secara online di laman beasiswa.kaltimprov.go.id, memilih kategori beasiswa yang sesuai dan melengkapi data. Setelah itu, data akan diverifikasi oleh Badan Pengelola Beasiswa Kaltim. Para pelajar akan didaftarkan oleh sekolah masing-masing.

Alur pendaftaran yang bisa dilakukan secara online ini mempermudah calon peserta dari seluruh Kalimantan Timur, sehingga tidak mengherankan jika penerima beasiswa ini tersebar merata di seluruh kabupaten dan kota. (*/pt)

Sumber: Okezone.com