Beasiswa

Ini Daftar Lengkap Jenis dan Kategori Beasiswa Kaltim Tahun 2023

  •   Khajjar Rohmah
  •   27 Februari 2023
  •   3:26pm
  •   Beasiswa
  •   8693 kali dilihat

Samarinda - Pendaftaran Beasiswa Kalimantan Timur (Kaltim) resmi dibuka pada Selasa, 20 Februari 2023 pekan lalu. Saat ini, masa pendaftaran masih berlangsung.

Untuk kategori mahasiswa, masa pendaftaran dibuka hingga 31 Maret 2023 mendatang. Sementara, masa pendaftaran Beasiswa Kaltim untuk kategori siswa, akan dibuka pada 1 Maret hingga 7 April 2023.

Para calon pendaftar, dapat melakukan registrasi dengan mengakses laman https://beasiswa.kaltimprov.go.id/.
 
Berikut disampaikan daftar lengkap jenis dan kategori beasiswa sesuai paparan Badan Pengelola Beasiswa Kaltim (BP-BKT) yang disampaikan dalam Konferensi Pers Pelaksanaan Beasiswa Kaltim Tahun 2023, Senin (20/2/2023) lalu.

Beasiswa Kaltim terdiri dari dua jenis. Yakni Tuntas dan Stimulan.

Beasiswa Kaltim Tuntas diperuntukkan khusus bagi mahasiswa yang dibagi ke dalam beberapa klasifikasi. Di antaranya:

Tuntas Umum bagi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dibuktikan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan prestasi non akademik dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan yang diterima. Baik di bidang seni, olahraga dan bidang lain yang relevan.  

Tuntas Khusus bagi mahasiswa dengan kondisi ekonomi kurang mampu, berkebutuhan khusus (disabilitas), anak-cucu veteran, penghafal Al-Qur'an (hafidz/hafidzah), berasal dari daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T) serta mahasiswa dengan kondisi khusus di antaranya korban KDRT dan mahasiswa yang orang tuanya meninggal akibat  COVID-19. Kondisi khusus ini juga dipertimbangkan pada kasus bencana alam.

Tuntas Kerja Sama diberikan kepada mahasiswa yang berkuliah di luar daerah. Dimana jurusan yang diambil tidak ada di perguruan tinggi dalam daerah. Contohnya seperti Kedokteran Hewan, Arsitektur Landscape, Manajemen Sumber Daya Lahan dan Pendidikan Luar Biasa untuk guru ABK.  

Tahun ini, BP-BKT membuka jurusan baru untuk jenis Tuntas Kerja Sama. Yakni jurusan penerbangan di Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (UNSURYA) Jakarta dan jurusan Ortotik Prostetik di Politeknik Kesehatan (Poltekes) Solo.  

Selanjutnya, adalah jenis Beasiswa Stimulan. Beasiswa Stimulan ini diperuntukkan bagi Mahasiswa dan Pelajar. Dengan klasifikasi antara lain:

Stimulan Umum pelajar dan mahasiswa  diberikan bagi mahasiswa dengan prestasi akademik, non akademik, tugas akhir, dan pendidikan profesi.

Stimulan Khusus pelajar dan mahasiswa juga diberikan dengan klasifikasi yang sama seperti Tuntas Khusus. Yakni pelajar/mahasiswa dengan kondisi ekonomi kurang mampu, ABK, daerah 3T, anak-cucu veteran, penghafal Quran, korban KDRT dan korban COVID-19.

Beasiswa Stimulan turut diperuntukkan bagi mahasiswa Kaltim yang menempuh pendidikan di luar negeri. Sejak 2020, BP-BKT tidak memberikan beasiswa tuntas luar negeri. Karena pertimbangan biaya yang sangat mahal.

Beasiswa Stimulan hanya diberikan sekali dalam setahun. Sehingga, pelajar dan mahasiswa harus mendaftar kembali di tahun berikutnya setiap seleksi penerimaan dibuka. (KRV/pt)