Bantuan

Norbaiti : Maksimalkan Alat Ini

  •   teguh prasetyo
  •   27 November 2021
  •   11:29am
  •   Bantuan
  •   128 kali dilihat
  •  

Sangatta - Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Provinsi Kaltim sebagai wadah pembinaan para perajin di Kalimantan Timur terus mendukung para perajin. 

Dukungan tersebut dengan memberikan alat pengolah rotan yang dapat digunakan para pengrajin guna meningkatkan inovasi dari produk kerajinan berbahan rotan. Bantuan Alat Pengolahan Rotan diberikan kepada Dekranasda Kabupaten Kutai Timur, bertempat di Maloy Cafe Hotel Royal Victoria Sangatta, Jumat (26/11/202 1).

"Alat ini berupa mesin penipis dan pemotong rotan, semoga pemberian alat ini dapat dimanfaatkan secara maksimal," ujar Norbaiti Isran Noor selaku Ketua Dekranasda Kaltim.

Rotan merupakan tanaman alam yang tidak asing lagi bagi pengrajin, bahkan bagi warga Indonesia hingga dunia. Salah satu tanaman alam yang tumbuh di alam tropis sebagai kreasi anyaman furniture dan terkenal dengan kesan tradisional.

“Di masa pandemi covid 19 saat ini banyak sektor Industri Kecil Menengah (IKM) yang cukup terdampak Perajin dituntut untuk dapat terus berinovasi dalam menciptakan produknya agar tetap bertahan dan mencuri hati pembeli, semoga dengan alat ini perajin di Kutim terus bersemangat," harapnya.

Dalam sambutannya Ketua Dekranasda Kaltim, Norbaiti Isran Noor menginginkan UMKM di Kaltim untuk naik kelas dengan meningkatkan kemampuan dibidang Informasi Teknologi (IT) serta kerjasama dengan Dekranasda di Kabupaten/Kota dan Bank Indonesia (BI).

"Kami ucapkan Selamat kepada Dekranasda Kutai Timur yang telah mendapatkan bantuan mesin ini, dengan mesin ini diharapkan dapat memberikan hasil yang maksimal dan peningkatan pendapatan bagi pengrajin," tutupnya.

Turut hadir pada kegiatan ini Ketua Dekranasda Kutai Timur Siti Robiah, Kepala Dinas Perindag Kutim, Zaini dan Kepala UPTD Pusat Pelatihan Koperasi, Zainuddin Panani. (tp/pt)