Bantuan

Dinsos Kaltim Turut Andil di Dapur Lapangan Kodam VI Mulawarman

  •   prabawati
  •   29 Mei 2024
  •   2:16pm
  •   Bantuan
  •   230 kali dilihat

 Ujoh Bilang - Dinas Sosial Kalimantan Timur (Kaltim) ikut ambil bagian dalam kegiatan dapur lapangan yang didirikan oleh Kodam VI Mulawarman melalui Unit Denbekang Korem 091/Aji Surya Natakusuma. Kegiatan ini diadakan dalam rangka peduli bencana banjir yang melanda Mahakam Ulu.

 Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial, Akhmad Rasyidi, mengerahkan jajaran Dinas Sosial dan relawan TAGANA untuk membantu memasak dan membungkus 200 nasi bungkus bagi masyarakat korban bencana yang masih membutuhkan bantuan.

“Ini hanya mengisi waktu saja sembari menunggu barang logistik kita sampai. Kebetulan tim dapur lapangan dari Denbekang Korem 091/ASN memang mitra kita setiap kali mendirikan dapur umum saat bencana," ujar Akhmad Rasyidi saat berada di Dapur Lapangan Kodam VI/Mlw Peduli Bencana di Lapangan Koramil Long Bagun, Rabu (29/5).

 Rasyidi menyatakan bahwa hari ini merupakan hari terakhir Dapur Lapangan Kodam VI/Mlw Peduli Bencana beroperasi sejak banjir melanda Mahakam Ulu. Hal ini juga bertepatan dengan hari terakhir status tanggap darurat banjir yang ditetapkan oleh Pemkab Mahakam Ulu.

 Pada hari terakhir ini, serta beberapa hari sebelumnya, jumlah nasi bungkus yang disiapkan hanya 200 bungkus, tidak sebanyak saat awal bencana yang mencapai 500 bungkus setiap kali penyediaan.

 Menurut teman-teman Denbekang, jumlah porsi yang disiapkan menyesuaikan kebutuhan. Sebagian besar masyarakat sudah mulai beraktivitas normal," jelasnya.

 Pelaksanaan dapur lapangan ini, hingga saat ini, jajaran Denbekang dibantu oleh pegawai dari Dinas Lingkungan Hidup Mahulu. Dinas Sosial dan relawan TAGANA hanya sempat membantu pada hari terakhir operasional Dapur Lapangan Kodam VI Mulawarman Peduli Bencana.

 "Kami berterima kasih kepada teman-teman TNI yang sudah bersinergi dalam penanganan bencana, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan dasar makanan bagi korban bencana," katanya.

 Jajaran Dinas Sosial Kaltim bersama relawan TAGANA sendiri berangkat ke Mahulu untuk mengawal distribusi logistik bencana banjir sebanyak 4.500 paket, melengkapi kekurangan target 6.000 paket yang akan disalurkan. (*/Prb/ty)

 Sumber :Dinsos Kaltim